Selasa 28 Nov 2023 13:28 WIB

BLT El Nino, Dinsos Kota Bandung Ungkap Belum Ada Arahan dari Pusat

Bantuan langsung tunai Rp 400 ribu diberikan pada November sampai Desember 2023.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Soni Bakhtiyar.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Soni Bakhtiyar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung mengungkapkan belum menerima arahan dari pemerintah pusat terkait dengan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino. Mereka masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) program tersebut.

"Kita masih tunggu juklak dan juknis serta surat resminya," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Soni Bakhtiyar saat dihubungi, Selasa (28/11/2023).

Dia mengaku, masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat terkait dengan kebijakan tersebut. Sebelumnya, pemerintah segera memberikan bantuan langsung tunai sebesar Rp 200.000 per bulan bagi keluarga penerima manfaat. Adapun bantuan sosial ini untuk memberi keringanan masyarakat atas kondisi El Nino.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bantuan langsung tunai senilai Rp 400 ribu diberikan pada November sampai dengan Desember 2023.

 

"Diberikan BLT karena trigger El Nino kepada 18,8 juta KPM. Kenapa? ini sudah ada nama, alamat, dan account number Kementerian Sosial. Mereka mendapat Rp 200.000 per bulan pada November dan Desember untuk menambah daya beli mereka,” ujarnya saat konferensi pers APBN KiTA edisi September 2023 di Kementerian Keuangan, Rabu (25/10/2023).

Sri Mulyani memerinci, bantuan beras sebanyak 10 kilogram diserahkan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat pada Desember 2023. Adapun anggaran tambahan diberikan bantuan sosial dan bantuan langsung tunai sebesar Rp 2,67 triliun.

"Karena El Nino dampak cukup panjang, kita memberi tambahan satu bulan karena tiga bulan diputuskan Rp 2,67 triliun (Desember) kita tambahan bagi bantuan keluarga miskin,” katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement