Ahad 03 Dec 2023 16:44 WIB

CFD Buahbatu Hadir Kembali, Warga Sambut Antusias

Akan ada beberapa perubahan tata letak terkait dengan jalur pejalan kaki dan pesepeda

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna.
Foto: Republika/ Dea Alvi Soraya
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Car Free Day (CFD) Buahbatu Kota Bandung, kembali digelar. Kawasan bebas kendaraan ini mulai dilaksanakan dari Simpang Pelajar Pejuang hingga Simpang KH Ahmad Dahlan, Ahad (3/12/2023) pukul 06.00-10.00 WIB.

Kegiatan yang terakhir kali digelar pada 2020 silam ini, disambut positif oleh masyarakat. Sendi, warga Buahbatu misalnya, menyebut telah lama merindukan CFD Buahbatu digelar kembali usai lama tak digelar akibat pandemi. Ia menyambut positif hadirnya CFD.

"Alhamdulillah ya hadir lagi CFD di Buahbatu. Setelah CFD sempat enggak ada, terus hadir lagi, tentu senang bisa ke sini lagi," kata Sendi.

Pengunjung lainnya, Teguh dan Dewi, pasangan suami istri asal Kopo mengaku senang dengan hadirnya CFD di kawasan Buahbatu setelah sebelumnya ada di Dago. Ia yang membawa buah hatinya antusias karena bisa bersepeda bersama keluarga di CFD.

 

"Kita ke sini sambil liburan bareng anak, main sepeda lah sekeluarga," kata Teguh. 

Sementara Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan, pelaksanaan CFD Buahbatu berlangsung aman dan tertib. Ke depan, kata Asep, akan ada beberapa perubahan tata letak terkait dengan jalur pejalan kaki dan pesepeda di lokasi CFD Buahbatu. 

Ia juga mengungkapkan akan terus melakukan sosialisasi agar pelaksanaan CFD Buahbatu dapat berlangsung ramai dan menjadi salah satu lokasi masyarakat untuk berolahraga.

"Alhamdulillah kondusif, kami sudah sosialisasi kepada masyarakat untuk menaati aturan dan tata tertib saat berada di CFD," kata nya saat ditemui Humas Bandung di lokasi CFD Buahbatu, Minggu 3 Desember 2023. 

"Saat ini masih belum begitu ramai, karena belum sepenuhnya masyarakat tahu. Kami terus melakukan sosialisasi. Alhamdulillah (dalam pelaksanaan) aman dan lancar," katanya. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menyebut, CFD Bubat akan berlangsung setiap bulannya pada hari Minggu pertama dan ketiga. Namun, kata Ema, bakal ada beberapa aturan yang harus diperhatikan warga saat beraktivitas di CFD Bubat.  

"Sesuai Kepwal tidak boleh ada aktivitas ekonomi di atas jalan utama dan trotoar, kalau di persil silahkan," katanya. 

Masyarakat yang hadir di CFD juga diimbau untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membawa dan menimbulkan sampah. Selain itu, pada CFD Bubat dilarang membawa hewan peliharaan tanpa terkecuali, dilarang melakukan promosi/ sosialisasi dan membagikan brosur, wajib menjaga tingkat kebisingan dari suara musik dan radio, serta tentu saja larangan adanya kendaraan bermotor dalam ruas jalan CFD Bubat. 

Untuk memastikan kenyamanan para pengunjung CFD, Ema menyebut personel Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP hadir di CFD dan menyebar. Sebagai informasi, setelah hadirnya CFD Buahbatu, kini di Kota Bandung terdapat dua lokasi CFD yakni Dago dan Buahbatu. Masyarakat dapat menikmatinya pada hari Minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement