Sabtu 09 Dec 2023 13:19 WIB

Dinilai Lecehkan Nabi, Lisan Lampung Laporkan Komika ke Polda Lampung

Aulia memaparkan materi komedinya dengan menyoalkan masalah nama Muhammad.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus Yulianto
Komika asal Lampung, Aulia Rakhman meminta maaf atas materi tentang Nabi Muhammad SAW di acara Desak Anies di Bento Kopi, Bandar Lampung, Kamis (8/12/2023).
Foto: Republika.co.id
Komika asal Lampung, Aulia Rakhman meminta maaf atas materi tentang Nabi Muhammad SAW di acara Desak Anies di Bento Kopi, Bandar Lampung, Kamis (8/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Komunitas Lingkar Nusantara (Lisan) Lampung melaporkan kasus pelecehan agama oleh Komika asal Lampung Aulia Rakhman ke Polda Lampung, Sabtu (9/12/2023). Menurut Lisan, materi dan ucapan Aulia di sebuah kafe pada Kamis (7/12/2023) sebagai perbuatan pidana pelecehan Nabi Muhammad SAW.

“Hari ini, kami laporkan Komika Aulia Rakhman ke Polda Lampung terkait pernyataannya yang mengandung pelecehan nama Nabi Muhammad SAW,” kata Koordinator Lisan Lampung Muhammad Rifki Gandhi kepada Republika.co.id, Sabtu (9/12/2023).

Rifki mengatakan, pernyataan-pernyataan dalam materi candaan Komika Aulia Rakhman pada sesi acara ‘Desak Anies’ di Kafe Bento, Sukarame, Bandar Lampung pada Kamis (7/12/2023), dinilai telah melecehkan nama Nabi Muhammad SAW, yang telah dikagumi umat Islam di seluruh dunia.

Dia mengatakan, pernyataan Aulia Rakhman dalam materi yang bernada bercanda tapi melecehkan nama Nabi Muhammad SAW diduga sebagai sebuah perbuatan pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 45 a ayat (2) Undang Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 156a KUHP.

 

Lisan Lampung berharap, setelah melaporkan kasus komika asal Lampung ini ke Polda Lampung, segera dapat diproses sesuai dengan undang undang dan ketentuan yang berlaku. Hal dimaksudkan agar perbuatan yang melecehkan agama tidak berulang kembali.

Komika asal Lampung Aulia Rakhman tampil di acara “stand up” komedi pada acara selingan sebelum kedatangan Capres Anies Baswedan di Kafe Bento, Sukarame, Bandar Lampung, Kamis (7/12/2023). Dihadapan sejumlah pengunjung, yang didominasi anak muda, Aulia memaparkan materi komedinya dengan menyoalkan masalah nama Muhammad.

Video ungkapan Aulia Rakhman tersebut beredar luas di media massa, dan ditanggapi mayoritas warganet dengan pelecehan terhadap Nabi Muhammad SAW, yang tidak seharusnya dipersoalkan dengan cara candaan. Para warganet pun sempat menyerang akun komika tersebut @auliarakman90 yang dinilai melecehkan nabi, dan juga menyarankan agar dilaporkan ke polisi.

Dalam tampilannya, Aulia Rakhman mencontohkan namanya sendiri Aulia. Menurut dia, nama Aulia itu bagus seorang pemimpin, sahabat, orang yang dicintai. Namun, selama ini arti nama tidak begitu penting.

“Sekarang ini apa arti nama, kayak penting aja. Coba elo cek penjara, ada berapa nama yang namanya Muhammad. Kayak penting aja nama Muhammad sekarang, sudah dipenjara semua,” kata Komika Aulia Rakhman dalam materi stand up di sebuah kafe di Bandar Lampung, Kamis (7/12/2023).

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement