Ahad 10 Dec 2023 23:50 WIB

Janji Daerah Otonom Baru, Relawan Ridwan Kamil Ajak Warga Garut Dukung Prabowo

GNIJ juga memiliki komitmen dalam mendorong DOB Garut Selatan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pasangan capres-cawapres no urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Perkasa Roeslani saat menghadiri Rakornas TKN-TKD Prabowo-Gibran di Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan capres-cawapres no urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Perkasa Roeslani saat menghadiri Rakornas TKN-TKD Prabowo-Gibran di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Puluhan ribu warga mengikuti apel siaga juara dan senam sehat yang digelar di Lapang Bola Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Ahad (10/12/2023). Kegiatan yang digelar oleh relawan Ridwan Kamil itu bertujuan untuk mengajak warga Kabupaten Garut mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Ketua Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) Kabupaten Garut Asep Suparman mengatakan, salah satu alasan kuat untuk mendukung Prabowo-Gibran adalah pasangan itu memiliki komitmen untuk mewujudkan daerah otonom baru (DOB). Salah satunya adalah DOB Garut Selatan. 

Baca Juga

"Kenapa di selatan mendukung Prabowo-Gibran, karena Garut Selatan perlu sentuhan Pak Prabowo dalam peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat)," kata dia melalui siaran pers, Ahad.

Menurut dia, GNIJ juga memiliki komitmen dalam mendorong DOB Garut Selatan. Apalagi, upaya untuk mendorong DOB Garut Selatan sudah diperjuangkan dalam 20 tahun terakhir.

 

Asep mengatakan, pihaknya sudah memiliki kesepakatan dengan pasangan nomor urut dua dan Ridwan Kamil, bahwa Garut Selatan akan menjadi daerah pemekaran. "Perjuangan pemekaran Garut Selatan akan kita dorong melalui Indonesia Juara, Pak Ridwan Kamil sebagai tokoh yang memiliki komitmen dalam mewujudkan daerah pemekaran," kata dia.

Sementara itu, Ketua GNIJ Ferry Radiansyah optimistis pasangan Prabowo-Gibran dapat menang di Jawa Barat (Jabar). Ia menargetkan, suara pasangan itu akan mencapai 60 persen di Jabar. "Kita logis saja, bahwa insyaallah Prabowo-Gibran akan menjadi juara di pilpres 2024 nanti," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil, mengatakan Prabowo sangat mencintai wilayah Priangan Timur, Jabar. Apabila terpilih menjadi presiden, Prabowo disebut akan mendukung pemekaran daerah di Jabar, khususnya wilayah Priangan Timur.  

"Beliau paham, kalau jadi presiden, siap mendukung pemekaran Tasikmalaya selatan. Biar adil," kata dia saat kampanye di Tasikmalaya, pekan lalu.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, makin banyak daerah dimekarkan, pemerintah pusat dapat lebih memberikan anggaran untuk daerah. Sementara di Jabar, masih banyak daerah yang perlu dimekarkan. "Jabar butuh 10 daerah baru," kata Emil.

Menurut dia, bukan hanya Kabupaten Tasikmalaya yang rencananya akan dimekarkan. Wilayah Kabupaten Garut juga rencananya akan dilakukan pemekaran. "Juga Garut utara dan Garut selatan," kata dia.

Emil menyatakan, pemekaran merupakan hal yang harus dilakukan untuk keadilan pembangunan. Ia meyakini, Jabar akan makin maju apabila pemekaran daerah dilakukan. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement