Ahad 10 Dec 2023 23:58 WIB

Jelang Libur Nataru, Polres Garut Cek Jalur ke Kawasan Objek Wisata

Satlantas Polres Garut menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Pantai Sayang Heulang di Kabupaten Garut.
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut.
Suasana Pantai Sayang Heulang di Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Jajaran Polres Garut melakukan persiapan pengamanan momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Salah satu yang menjadi perhatian jalur menuju kawasan objek wisata, utamanya yang diprediksi akan ramai dikunjungi wisatawan.

“Kami memprioritaskan pengamanan jalur menuju sejumlah objek wisata di Garut,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga

Aang menjelaskan, jajarannya sudah melakukan pengecekan kondisi jalan kabupaten, provinsi, maupun nasional yang kemungkinan dilintasi banyak kendaraan saat masa libur Nataru. Menurut dia, secara keseluruhan jalur menuju kawasan objek wisata terbilang layak untuk dilintasi kendaraan bermotor, meskipun saat ini masih ada yang dalam perbaikan.

Berdasarkan hasil pengecekan, Aang mengatakan, ditemukan sejumlah titik potensi kemacetan. Seperti menuju kawasan Situ Bagendit, Cipanas, dan kawasan wisata Darajat. “Ada beberapa trouble spot di jalur tersebut. Namun, sudah diantisipasi, termasuk telah disiapkan infrastruktur penunjangnya,” ujar dia.

 

Menurut Aang, pihaknya juga menyiapkan pola rekayasa lalu lintas di jalur menuju kawasan wisata. Hal itu mengantisipasi padatnya kendaraan wisatawan atau pun penuhnya objek wisata. “Misalnya, di Pantai Rancabuaya sudah penuh, maka kita akan alihkan ke objek wisata lain seperti Pantai Santolo atau Sayang Heulang,” kata Aang.

Aang mengatakan, Polres Garut pun akan menyiapkan pos pantau di kawasan objek wisata yang terbilang ramai dikunjungi wisatawan, seperti kawasan wisata pantai di selatan Garut.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan apabila terjadi kemacetan total, akan dilakukan pengalihan ke jalur alternatif,” ujar Aang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement