Jumat 15 Dec 2023 14:12 WIB

KaTa Kreatif Gelar Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan di Sumedang

Sebanyak 200 orang pelaku ekonomi kreatif mengikuti kegiatan workshope KaTa Kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno hadiri warkshope di Sumedang.
Foto: dok. Republika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno hadiri warkshope di Sumedang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Sumedang agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. 

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Sumedang yang merupakan lokasi ke-34 (tiga puluh empat) dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Kabupaten Sumedang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor seni pertunjukan, kuliner, kriya dan fesyen. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. 

Kegiatan Workshop KaTa Kreatif Kabupaten Sumedang dilaksanakan pada Hari: Kamis, tanggal: 14 Desember 2023 di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang. Adapun peserta yang hadir mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif ini adalah para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Sumedang dengan jumlah peserta sebanyak 200 (dua ratus) orang.

Kemenparekraf/Baparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. 

Salah satunya bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia ini. Selain dari pada itu, Kemenparekraf/ Baparekraf juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Sumedang dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan turut hadir mendampingi Pj Bupati Sumedang Bapak Herman Suryatman. Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber Akbar Moujahid untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pentingnya peningkatan promosi produk di tengah persaingan ketat saat ini untuk meningkatkan daya saing dan daya beli produk ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Sumedang ini diharapkan, para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya. Serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring di antara para pelaku ekonomi kretaif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement