Rabu 20 Dec 2023 21:57 WIB

Libur Nataru, Polres Cianjur Antisipasi Jalur Rawan Kemacetan

Polres Cianjur mengimbau pengguna kendaraan memanfaatkan jalur alternatif.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pengaturan arus lalu lintas kendaraan.
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
(ILUSTRASI) Pengaturan arus lalu lintas kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Polres Cianjur, Jawa Barat, mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas di sejumlah titik saat momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Untuk itu, Polres Cianjur menyiapkan pengaturan dan sejumlah pola rekayasa lalu lintas.

Kepala Polres (Kapolres) Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, puluhan petugas akan disebar ke sejumlah pos yang ditempatkan di wilayah Puncak Pass, wilayah timur hingga selatan Cianjur, serta di sejumlah jalur alternatif, seperti Jonggol dan Sukabumi.

Baca Juga

“Kami libatkan jajaran polsek untuk mengimbau pengguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas dan menerima anjuran dari petugas agar tidak terjebak kemacetan di sepanjang jalur utama Cianjur, terutama di jalur yang padat, seperti Puncak dan Cipanas,” kata Kapolres di Cianjur, Rabu (20/11/2023).

Menurut Kapolres, pola rekayasa lalu lintas juga disiapkan. Seperti penutupan arus kendaraan dari Cianjur ke arah Puncak, sistem buka tutup satu arah, ataupun pengalihan arus ke sejumlah jalur alternatif.

“Kami sudah memastikan sejumlah jalur alternatif di Cianjur layak dilalui kendaraan saat terjadi lonjakan volume kendaraan pada libur panjang Natal dan tahun baru,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, berbagai upaya itu disiapkan karena diperkirakan volume kendaraan akan meningkat pada momen libur Nataru ini. Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sejumlah jalur alternatif untuk menghindari potensi kemacetan.

“Kami juga mengimbau selama libur natal dan tahun baru pengendara dapat melintas di jalur alternatif, guna menghindari jalur rawan macet, seperti Jalan Raya Bandung-Cianjur, Pasar Ciranjang, Pasar Cipanas dan jalur Puncak,” kata Kapolres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement