Rabu 27 Dec 2023 12:03 WIB

HIPMI Kota Bandung Beri Pelatihan Wirausaha Pospreneur ke UMK Mitra Binaan PT Pos 

Pelatihan bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fondasi bisnis.

Ganjar Hidayat Direktur HIPMI Academy saat memberikan pelatihan.
Foto: dok. Republika
Ganjar Hidayat Direktur HIPMI Academy saat memberikan pelatihan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan HIPMI Academy - HIPMI Kota

Bandung, belum lama ini di Graha Pos Indonesia Kota Bandung. Pelatihan wirausaha Pospreneur tersebut, digelar bagi 50 lebih Mitra Binaan terpilih PT Pos Indonesia yang berasal dari daerah Bandung Raya dan Cianjur.

Program Posprenuer ini dibuka oleh Salman, selaku Kepala Divisi TJSL PT Pos Indonesia. Salman berharap, dengan adanya program ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peserta dan ini merupakan wujud dari peran dan kepedulian PT Pos Indonesia dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pelaku UMK.

"Karena kan UMK sebagai ujung tombak ekonomi di Indonesia," ujar Salman dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (27/12/2023).

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Umum HIPMI Kota Bandung, Mukti Widodo. Menurutnya, HIPMI Kota Bandung, siap menjadi wadah untuk pelaku usaha mikro dan kecil, untuk bertumbuh dan berjejaring dengan pengusaha yang sudah sukses.

Menurut Ganjar Hidayat, Direktur HIPMI Academy, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fondasi bisnis, tahap-tahap yang harus dilalui para pengusaha pemula, pemasaran dan pentingnya brand untuk UMK. 

"Diharapkan UMK di Bandung Raya dan sekitarnya dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, meningkatkan daya saing, serta memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal," katanya.

Salah satu keunggulan pelatihan ini, kata dia, adalah pendekatan yang mendalam terhadap berbagai sektor bisnis UMK. Dengan memahami kebutuhan dan karakteristik masing-masing sektor, para peserta pelatihan diberikan wawasan khusus yang dapat mereka terapkan langsung dalam pengelolaan usaha mereka.

Para peserta pelatihan telah menunjukkan antusiasme yang tinggi dan kemauan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh. Beberapa inovasi menarik dan strategi pemasaran yang kreatif telah muncul selama pelatihan, menandakan bahwa pelatihan ini bukan hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan wawasan praktis yang dapat diterapkan dalam situasi dunia nyata.

Secara Khusus, Ketua Umum HIPMI Kota Bandung, Ibrahim Imaduddin Islam

mengucapkan terima kasih kepada PT. Pos Indonesia (persero) yang telah menjadikan HIPMI Kota Bandung sebagai mitra strategis dalam rangka membantu wirausaha-wirausaha pemula untuk bertumbuh, naik kelas dan kompetitif.

"Kami di BPC HIPMI Kota Bandung memiliki banyak pengusaha muda yang sudah ahli di bidangnya dan siap membantu teman-teman pelaku UMKM untuk bisa naik kelas dan tumbuh bersama," katanya.

Lewat program ini besar harapannya semakin banyak UMKM yang semakin cepat pertumbuhannya dan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement