Ahad 31 Dec 2023 21:34 WIB

Gempa Kembali Guncang Sumedang, Kali Ini M 4,8

Hari ini tiga kali kejadian gempa mengguncang Sumedang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gempa bumi.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Gempa bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gempa bumi dilaporkan kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Ahad (31/12/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kejadian gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,8 pada sekitar pukul 20.34 WIB.

“Pusat gempa berada di darat 2 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada kedalaman 5 kilometer,” demikian laporan resmi BMKG.

Baca Juga

Berdasarkan analisis BMKG, dengan memperhatikan pusat gempa dan kedalamannya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di wilayah setempat.

Mengacu peta tingkat guncangan dan laporan masyarakat, guncangan gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan oleh warga dengan skala MMI III hingga IV di Sumedang, skala III di Lembang, skala II sampai III di Subang dan Bandung, serta skala II di Garut.

Hari ini sudah tiga kali gempa mengguncang wilayah Sumedang. Sebelumnya dilaporkan pada sekitar pukul 14.35 WIB, dengan kekuatan M 4,1, di mana pusat gempa berlokasi di darat pada jarak satu kilometer arah timur laut Kabupaten Sumedang, pada kedalaman 7 kilometer.

Kemudian gempa berkekuatan M 3,4, yang dilaporkan terjadi sekitar pukul 15.38 WIB, yang pusatnya pada jarak 3 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang, pada kedalaman enam kilometer. 

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement