Selasa 02 Jan 2024 20:34 WIB

Viral Video Longsor di Jalan Cadas Pangeran Timpa Mobil, Kapolres Sumedang: Hoaks!

Di video viral tersebut, terlihat bebatuan jatuh ke jalan menimpa sebuah mobil.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pekerja memasang pembatas jalan di Jalur Cadas Pangerang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (7/4/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pekerja memasang pembatas jalan di Jalur Cadas Pangerang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (7/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rekaman video yang memperlihatkan peristiwa longsor pada tebing di Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang viral di media sosial. Pada video tersebut, terlihat bebatuan jatuh ke jalan menimpa sebuah mobil hingga menyebabkan kemacetan.

Video tersebut beredar di media sosial grup Whatsapp pada Selasa (2/1/2024). Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono langsung mengecek ke lokasi jalan tersebut dan memastikan bahwa peristiwa tersebut hoaks.

Baca Juga

"Video yang beredar itu lokasinya tepat di belakang saya. Itu ada kejadian tahun 2022. Di mana pada saat itu memang terjadi longsor, tetapi saat ini tanggal 2 Januari 2024 kondisi jalan di Cadas Pangeran itu aman," ujar Joko, Selasa (2/1/2024).

Ia mengungkapkan para pengguna jalan dapat melintasi Jalan Cadas Pangeran dengan aman dan lancar. Kapolres meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan berita yang belum terverifikasi benar.

"Kami akan mengklarifikasi setiap berita hoaks yang beredar untuk memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat," katanya.

Kapolres pun akan berkoordinasi dengan pihak cyber crime dan tim krimsus untuk menyelidiki pelaku yang menyebarkan video yang menyebabkan kegaduhan di masyarakat. Kapolres memastikan peristiwa longsor tidak terjadi pada Selasa (2/1/2024).

"Bisa dipastikan hoaks, saat ini kita berada di background video tersebut," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement