Selasa 16 Jan 2024 11:43 WIB

Bupati Bandung Terjun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Desa Tenjolaya Pasirjambu

Jalan penghubung Bandung-Cianjur tersebut rusak parah dalam 10 tahun terakhir.

Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Foto: Dok. Pemkab Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Bupati Bandung Dadang Supriatna gerak cepat tangani jalan rusak parah di kawasan Kampung Dewata, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Ia bahkan terjun langsung mengecor jalan penghubung Desa Tenjolaya dan Desa Sugihmukti.

Sebelumnya, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur tersebut, selama puluhan tahun ke belakang kondisinya rusak parah. Bahkan dalam video yang beredar, jalan tersebut hanya menyisakan jalan tanah bercampur lumpur dan sulit dilalui kendaraan terutama ketika musim hujan, bahkan sering terjadi kecelakaan.

Baca Juga

Saat ini, ruas jalan tersebut telah rampung diperbaiki atas inisiatif Bupati Dadang Supriatna yang langsung memerintahkan pengecoran ruas jalan tersebut. Selain dicor, ruas jalan itu pun semakin nyaman karena memiliki lebar sekitar 6-8 meter sehingga mobil bisa berpapasan dengan mudah.

"Alhamdulillah saat ini jalan sudah baik, sudah bagus. Sebelumnya jalan ini rusak parah bahkan belum pernah diperbaiki sejak Indonesia merdeka," ujar Kepala Desa Tenjolaya Ismawanto Somantri, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

Ismawanto mengatakan, ia berterima kasih kepada Bupati Bandung yang dengan cepat mendengar dan merespon keluhan masyarakat. Pasalnya, ruas jalan tersebut merupakan akses utama ribuan warga yang tinggal di Desa Tenjolaya dan Desa Sugihmukti.

"Terima kasih Bapak Bupati Bandung Dr Dadang Supriatna yang telah cepat tanggap merespon dan menanggapi keluhan masyarakat tentang jalan rusak ini. Masyarakat merasa sangat beruntung, masyarakat sangat senang dengan diperhatikannya keluhan mereka. Terima kasih Pak Bupati sangat cepat tanggap merespon keluhan kami," ujar Ismawanto.

Hal senada juga diungkapkan oleh warga Dewata Desa Tenjolaya, Komar. Komar mengaku sangat gembira, akhirnya ruas jalan yang sudah puluhan tahun rusak parah itu diperbaiki.

"Hatur nuhun Pak Bupati Dadang Supriatna, sekarang mah jalan ke Dewata sudah dicor. Sudah bagus. Sekarang sudah enak. Tadinya ini sangat jelek, baru Bupati sekarang yang memperhatikan. Hatur nuhun Pak Bupati. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan semuanya," ujar Komar.

Dadang mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan adanya ruas jalan yang rusak parah sejak puluhan tahun lalu tersebut. Ia berharap perbaikan ruas jalan penghubung Desa Tenjolaya dan Sugihmukti itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Alhamdulillah ruas jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung dan Cianjur, saat ini telah rampung diperbaiki. Semoga ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sana terutama untuk memudahkan akses perekonomian dan aktivitas warga sehari-hari," ungkap Dadang.

Ia mengatakan, perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Bandung di bawah kepemimpinannya. Tujuannya, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung.

Dadang menyebutkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk telah menginstruksikan seluruh perangkat daerah agar juga bersikap responsif dan cepat tanggap dalam menanggapi keluhan dan permasalahan masyarakat.

"Apa yang kami lakukan semata-mata untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, bagi umat. Di tahun 2024 ini, salah satu program prioritas saya adalah perbaikan dan peningkatan infrastruktur. Bukan hanya jalan, tapi juga jembatan, drainase, sarana kesehatan, pendidikan dan lainnya. Semua untuk masyarakat Kabupaten Bandung," ujar Dadang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement