Kamis 25 Jan 2024 11:32 WIB

Angin Kencang Landa Tiga Dusun di Kuningan, Sebabkan Belasan Rumah Rusak

Angin kencang juga merusak satu unit Posyandu dan merobohkan kanopi TK Al – Falah

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Angin kencang robohkan rumah (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Aditya Rohman
Angin kencang robohkan rumah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN--- Angin kencang melanda tiga dusun di Desa Cinagara, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan. Akibatnya, belasan rumah dan satu unit bengkel milik warga setempat mengalami kerusakan. Ketiga dusun itu adalah Dusun Puhun, Dusun Kaliwon, dan Dusun 3 Pangbuyutan.

Berdasarkan data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, peristiwa yang terjadi pada Rabu (24/1/2024) sekitar pukul 13.15 WIB itu menyebabkan 11 unit rumah warga mengalami kerusakan.

Baca Juga

Adapun belasan rumah warga itu masing-masing milik Ketok, Rasdi, Arju, Hadmi, Anan Adnan, Arni, Suherlin, Sugiri, Yusuf, Caska, dan Nur. ‘’Kerusakan pada bagian atapnya yang tersapu angin. Tidak ada korban jiwa,’’ ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, Kamis (25/1/2024).

Selain merusak 11 unit rumah warga, angin kencang juga merusak satu unit Posyandu dan merobohkan kanopi TK Al – Falah. Satu unit bengkel milik warga juga mengalami rusak sedang akibat tiupan angin kencang tersebut. Tak hanya itu, angin kencang juga menumbangkan pohon Albasiah, dimana rantingnya menimpa panglong.

‘’Angin kencang itu disertai dengan hujan lebat,’’ kata Indra.

Indra mengungkapkan, hingga Rabu (24/1/2024) malam, pihkanya menurunkan tim assessment dan melakukan pemotongan pohon yang tumbang. Pembersihan material yang tumbang juga melibatkan aparat desa, kecamatan, beserta masyarakat setempat.

Indra pun mengimbau masyarakat di Kabupaten Kuningan untuk terus waspada. Apalagi, saat ini intensitas hujan mengalami peningkatan sehingga meninmbulkan ancaman bencana hidrometeorologi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement