Jumat 26 Jan 2024 18:13 WIB

Jabar Mulai Salurkan Beras Bantuan Pangan 2024 untuk 4.445.601 KPM

Penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024 ini sumber data nya berbeda dengan 2023

Penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi KPM
Foto: Dok Humas DKPP
Penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi KPM

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.445.601 keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Barat (Jabar) untuk  tahap 1 Tahun 2024 mulai bergulir. Penyaluran bantuan pangan yang dikoordinasikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar bersama Perum Bulog Wilayah Jabar dan PT Pos Indonesia Regional 2 dan 3 Wilayah Jabar ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Perlu diketahui, Presiden Jokowi sendiri mengamanatkan penyaluran CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) untuk pemberian bantuan pangan kepada 22.004.077 KPM (Keluarga Penerima Bantuan) untuk Komoditas Beras, dimana setiap  keluarga akan mendapatkan 10 Kg beras.

Baca Juga

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi DKPP Jabar Neni Fasyaini mengatakan, penyaluran Bantuan Pangan Tahun 2024 ini sumber data nya berbeda dengan Tahun 2023. "Sumber data KPM berasal dari data P3KE Kemenko PMK yang diserahkan kepada Badan Pangan Nasional, dilanjutkan dengan Penugasan Kepada Perum BULOG untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Beras," ujar Neni di Bandung, Jumat (26/1/2024).

Menurutnya mekanisme penugasan sampai kepada penyaluran dan penggantian penerima ini, mengacu pada Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Nomor 01/TS.03.03/K/I/2024 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah Untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Neni mengatakan, Jabar kemudian menindaklanjuti Surat Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Nomor 450/TS.03.03/K/12/2023 Tanggal 29 Desember 2023 Perihal Penyaluran CPP untuk Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 yang ditujukan kepada Gubernur / Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia. 

Koordinasi dan kolaborasi dilakukan untuk Wilayah Provinsi Jabar antara lain DKPP Provinsi Jabar, BAPPEDA Provinsi Jabar Dinas Sosial Provinsi Jabar, Perum BULOG wilayah Jabar dan Kantor Cabang BULOG wilayah Jabar beserta PT POS INDONESIA Regional 3 dan 2 bersama dinas terkait di kabupaten/kota.

Sementara menurut Wakil Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Jabar, Mersi Windrayani, untuk Provinsi Jawa Barat berdasarkan data yang dipegang sebanyak 4.445.601 KPM yang akan menerima bantuan selama 6 bulan yang terbagi dalam 2 tahap.

Tahap 1, diberikan pada Januari – April dan tahap 2 dari April – Juni 2024. Penyaluran bantuan pangan wilayah provinsi Jabar dengan berbagai kondisi, maka disepakati untuk dilakukan penugasan oleh BULOG Wilayah Jabar kepada PT Pos Indonesia.

"Untuk memulai penyaluran bantuan pangan bulan januari 2024 terutama untuk daerah yang sudah clear terkait data P3KE sebagai data Penerima Bantuan Pangan Tahun 2024," katanya.

Menurutnya setelah melaksanakan Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi dilanjutkan bersama dengan lembaga / instansi terkait tingkat kabupaten/kota untuk persiapan penyaluran baik secara teknis maupun administrasi. "Alhamdulillah pada tanggal 26 Januari 2024 sudah mulai dilakukan penyaluran bantuan pangan secara masif di beberapa wilayah kabupaten/kota," katanya.

Salah satunya penyaluran di Kota Bandung berlokasi di Kantor Pos Soekarno Hatta yang dihadiri oleh Kepala Dinas DKPP Provinsi Jawa Barat, Wakil Pimpinan Wilayah Perum BULOG Jabar, Executive Vice President PT POS Indonesia regional 3, Kepala Kantor BULOG Cabang Bandung.

"Penyaluran untuk alokasi Kecamatan Rancasari sebanyak 1.760 KPM yang terdiri dari Kelurahan Majahlega, Kelurahan Cipamokolan, Kelurahan Mekarmulya dan Kelurahan Derwati," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement