Jumat 26 Jan 2024 20:39 WIB

Kantor Imigrasi Layani 4.479 Jamaah Haji Lewat BIJB

Pada 2023, Kantor Imigrasi telah menyelesaikan permohonan paspor sebanyak 468.350

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi pembuatan paspor
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Wuysang
Ilustrasi pembuatan paspor

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jabar sepanjang 2023 telah memberikan layanan pada ribuan jamaah haji yang terbang melalui Embarkasi Bandara Kertajati. Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, R Andika Dwi Prasetya, saat menghadiri upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke -74 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat (26/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Andika menjelaskan capaian yang sudah dilakukan oleh sembilan Kantor Imigrasi di Jawa Barat pada tahun 2023. Diantaranya, telah menyelesaikan permohonan paspor sebanyak 468.350 paspor dan 967 pelayanan Paspor Simpatik.

Baca Juga

Tak hanya itu, Kantor Imigrasi juga telah melayani WNI dan WNA yang keluar masuk wilayah RI sebanyak 38.251 orang. ‘’Kami juga membantu pelayanan jamaah haji yang melalui Embarkasi Bandara Kertajati sebanyak 4.479 orang dan Embarkasi Wisma Bekasi sebanyak 19.261 orang,’’ ujar Andika.

Andika pun berterimakasih atas sinergi dan kolaborasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam melaksanakan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di Jawa Barat.

 

‘’Peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-74 ini bentuk dukungan nyata kami kepada BIJB Kertajati sebagai Bandara Domestik dan Internasional yang merupakan kebanggaan warga Jawa Barat,’’ kata Andika.

Upacara peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-74 itu dipimpin oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. Dengan tema ‘Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi’, peringatan itu menunjukkan komitmen dalam menghadapi tantangan zaman dengan memanfaatkan teknologi digital, untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan di bidang keimigrasian.

Pj Gubernur Jawa Barat pun membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly. Dia menyampaikan, peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74 adalah bentuk pencapaian, dedikasi dan komitmen perjalanan panjang Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

‘’Selama 74 tahun, Dirjen Imigrasi berkiprah dan telah mengalami beragam tantangan dan juga pencapaian yang gemilang. Tentu pencapaian ini patut kita apresiasi,’’ katanya.

Bey menambahkan, tantangan kedepan akan semakin kompleks. Untuk itu, dibutuhkan semangat kebersamaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. ‘’Pengembangan teknologi terkini, percepatan serta penyederhanaan dalam proses keimigrasian adalah bukti konkret kinerja dari Dirjen Imigrasi. Terus tingkatkan kualitas layanan dan senantiasa  berintegritas sebagai garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang NKRI,’’ katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement