Ahad 28 Jan 2024 18:52 WIB

Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Amankan Pemuda Pembawa Sajam

Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sebilah senjata tajam jenis celurit

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam), Ahad (28/1/2024) dini hari.
Foto: Dok. Humas Polresta Cirebon
Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam), Ahad (28/1/2024) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Tim Patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon berhasil mengamankan sejumlah pemuda yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam), Ahad (28/1/2024) dini hari. Peristiwa tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengatakan, terdapat tiga pemuda yang diamankan Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon dalam patrol tersebut. Yakni, SH (18), ZA (23), dan RR (19). Mereka diduga hendak tawuran.

Baca Juga

‘’Kami berhasil mengamankan barang bukti berupa sebilah senjata tajam jenis celurit dan sepeda motor. Para terduga pelaku berikut seluruh barang buktinya langsung diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolresta Cirebon,’’ kata Sumarni.

Sumarni mengatakan, patroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Dari mulai tawuran, dan aksi tindak kriminalitas lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

Menurut Sumarni, patroli semacam itu merupakan langkah preventif yang dilaksanakan Polresta Cirebon secara rutin, dari mulai siang, sore, dan malam, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif. Diharapkan patroli tersebut dapat mencegah tindak kriminalitas di Kabupaten Cirebon.

Adapun sasaran dari Tim Raimas Macan Kumbang 852 Patroli adalah geng motor, premanisme, peredaran dan penyalahgunaan narkoba maupun miras, knalpot bising, serta kejahatan jalanan lainnya yang meresahkan masyarakat. Dalam patroli tersebut, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan selalu mewaspadai setiap kejadian kriminalitas di sekitar masyarakat.

Menurutnya, patroli tersebut juga merupakan respon cepat terhadap aduan masyarakat di media sosial mengenai ancaman pelaku kejahatan di wilayah Kabupaten Cirebon. Sehingga pihaknya pun melibatkan personel gabungan dari Polsek jajaran dan dibackup Satsamapta Polresta Cirebon.

‘’Kami pastikan Polresta Cirebon dan Polsek jajaran tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas dan tindakan keras kepada para pelaku kejahatan yang melakukan aksi kriminalitas di Kabupaten Cirebon. Sehingga situasi kamtibmas juga dapat terjaga secara aman, nyaman, dan kondusif,’’ kata Sumarni.

Sumarni juga mengingatkan para orang tua untuk mengawasi pergaulan dan kegiatan anak-anaknya terutama pada malam hari, sehingga mereka tidak terlibat perbuatan melanggar hukum. Selain itu, para orang tua juga harus menjaga anaknya dari pergaulan dan pengaruh lingkungan negatif yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement