Rabu 31 Jan 2024 14:28 WIB

Unisba Gelar Expo Pamerkan Puluhan Karya Penelitian

Ada lebih dari 50 karya penelitian yang dipamerkan

Unisba Expo
Foto: Dok Unisba
Unisba Expo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----  Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo yang digelar atas kolaborasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) berupa RESVEX 5th (Research And Community Service Expo) dengan Bagian Komunikasi dan Humas (Komhumas) Unisba, yaitu C.L.U.E (College Life & University Expo) di Kampus Utama Unisba, Rabu (31/1/2024).

Wakil Rektor II Unisba, Prof Dr Atih Rohaeti Dariah, SE MSi mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk membangun konektivitas antara perguruan tinggi dengan masyarakat umum dalam bentuk produk inovasi, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Baca Juga

"Pameran karya sivitas akademika Unisba baik dosen dan mahasiswa ini merupakan wujud dari sinergitas untuk mewujudkan visi Unisba," ujar Atih Rohaeti.

Dalam pameran kali ini, kata dia, ada lebih dari 50 karya penelitian yang dipamerkan. Yakni, mulai dari produk, esai, hingga poster. Harapannya karya-karya ini bisa menjadi motivasi bagi civitas akademika untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara.

Atih mengatakan, saat ini Indonesia masih kalah dalam hal penelitian dibandingkan negara tetangga. Contohnya, untuk mengakselerasi industri halal belum banyk yang bisa dihasilkan sehingga kalah bersaing. Sebuah penelitian pun, diharapkan bisa dipersiapkan dalam menyambut kemajuan puluhan tahun ke depan. Dengan demikian, penelitian tersebut nantinya bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

"Penelitian harus menjadi budaya untuk kita selalu berlreasi dan berinovasi," kata dia. 

Dia menuturkan, penelitian yang ada pun harus bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain peneitlian Unisba pun membuat sejumlah program salah satunya mengembangkan desa wisata halal. Desa ini dikembangkan agar bisa mempunyi produk halal untuk bisa dinikmati wisatawan yang hadir.

"Ini yang memang sedang dikembangkan karena sejalan dengan Unisba juga. Jadi sedang ada desa yang kita coba untuk menjadi pilot projectnya," katanya.

Sementara itu, salah satu siswa SMA yang datang dalam pameran ini, Azfar Diandra, mengapresiasi adanya pameran yang dilakukan oleh Unisba. Karena, kegiatan seperti ini bisa memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang penelitian yang dihasilkan para dosen, sekaligus melihat jurusan apa saja yang ada di kampus untuk nantinya bisa dimasuki setelah lulus sekolah.

"Bagus acara seperti ini. Kita jadi ada pengetahuan baru ketika datang ke suatu kampus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement