Jumat 02 Feb 2024 18:09 WIB

Pondasi Terkikis Sungai, Rumah Warga di Cirebon Ambruk

Rumah ambruk diduga karena pondasi yang kurang kuat dan terkikis  air sungai

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi sungai
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Ilustrasi sungai

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON----Sebuah rumah milik warga di RT 01 RW 11 Benda Kerep Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, dilaporkan mengalami longsor hingga ambruk. Hal tersebut terjadi setelah rumah yang berdiri di bantaran sungai itu tergerus derasnya air sungai Benda Kerep.

Beruntung, peristiwa yang terjadi pada Rabu (31/1/2024) pukul 22.00 WIB itu tidak menimbulkan korban jiwa. Pemilik rumah yang bernama Umi Kulsum (66) dilaporkan selamat meski rumahnya mengalami rusak berat.

Baca Juga

Rumah milik Umi Kulsum dilaporkan ambruk diduga karena pondasi yang kurang kuat dan terkikis  air sungai yang deras. Hal itu terjadi, setelah hujan mengguyur dengan cukup deras hampir setiap hari. Ambruknya rumah salah satu warga di Kelurahan Argasunya itupun tidak luput dari perhatian Penjabat (Pj) Walikota Cirebon, Agus Mulyadi.

‘’Saya sudah dapat laporannya dan sudah ditindaklanjuti oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),’’ ujar Agus, saat ditemui Jumat (2/2/2024).

Agus pun hingga kini masih menunggu laporan terkait hasil asessment yang dilakukan BPBD. Meski demikian, dia memastikan penanganan siaga bencana sudah dilakukan.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, menyatakan saat ini Wilayah Ciayumajakuning (Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) sedang berada di masa puncak musim hujan. Karena itu, masyarakat diimbau untuk mewaspadai segala macam potensi bencana hidrometeorologi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement