Senin 05 Feb 2024 14:49 WIB

Misbahus Sunnah Gemilang Ungkap Alasan Luncurkan Sekolah Berkuda

Anak-anak akan mendapatkan pelajaran sejarah tentang islam dan memanah terlebih dulu.

Anak sedang berkuda (ilustrasi)
Foto: dokpri
Anak sedang berkuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Yayasan Misbahus Sunnah Gemilang di Bogor, Jawa Barat, terus melebarkan sayapnya di bidang pendidikan dengan meluncurkan layanan Sekolah Berkuda Diponegoro Stable. Hal ini merupakan upaya untuk menggali potensi anak-anak melalui pendekatan edukasi yang menyenangkan.

Coach Diponegoro Stable, Nurmadi Yusuf mengatakan olahraga berkuda merupakan perintah agama, yang tercantum dalam Alquran Surat Al-Anfal ayat 60, di mana setiap orang di zaman Rasulullah perlu memiliki kemampuan berkuda dan memanah untuk melawan musuh Allah.

"Kenapa harus menyukai memanah dan berkuda, karena ini adalah perintah dari Allah langsung dari Alquran. Kenapa kita gabungkan berkuda dan memanah, karena keduanya adalah olahraga yang dicintai Rasulullah," ucapnya dalam siaran pers, Senin (5/2/2024).

Anak-anak yang mengikuti sekolah ini akan mendapatkan pelajaran sejarah tentang islam dan memanah terlebih dahulu. Di mana para murid akan mempelajari teknik kecepatan, kekuatan, akurasi dan mawas diri.

Ia menuturkan, terdapat tiga  tahapan dalam belajar panahan. Pertama adalah sabar, di mana anak akan dilatih untuk menjadi sniper, kemudian adalah insting yang mementingkan kecepatan, terakhir adalah gabungan keduanya dengan memanah sambil berkuda.

"Itu tingkat kesempurnaan ahli dalam memanah. Itu seperti selebritis di zaman Rasulullah," jelasnya.

Disampaikan olehnya, anak yang mempelajari olahraga memanah ini akan tumbuh cerdas dibanding teman seusianya. "Anak akan lebih cerdas, karena olahraga panah untuk orang cerdas, itu terbukti. Dia akan tenang karena dia harus mengendalikan dirinya," katanya.

Prospek untuk menjadi atlet juga terbuka luas, karena pihaknya telah tergabung dalam Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi). "Adik-adik bisa ikut lomba, setiap minggu kita adakan lomba. Nanti disalurkan di wilayah nasional," tutur Yusuf.

Yusuf menambahkan bahwa layanan pendidikan ini merupakan hal yang patut disyukuri. Pasalnya, tidak semua tempat memiliki sekolah berkuda.

"Ini berkah karena ditempat lain kerap mencari berlatih berkuda, ini sesuatu mahal. Tapi sekarang sudah tersedia, sekaligus dengan olahraga memanah," ungkapnya.

Ia menyatakan lokasinya juga sangat strategis karena berada di Komplek Perumahan Green View Residence. Dalam kawasan itu juga terdapat lapangan panahan, playground, darul quran, dan masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement