Rabu 14 Feb 2024 09:23 WIB

Ridwan Kamil Nyoblos di TPS 045 Kota Bandung

TPS 045 berada beberapa meter dari kediaman Ridwan Kamil

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Suasana TPS 045 di RT 05, RW 06, Rancabentang, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024) tempat eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mencoblos.
Foto: M Fauzi Ridwan
Suasana TPS 045 di RT 05, RW 06, Rancabentang, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024) tempat eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mencoblos.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  Eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) 045 di RT 05, RW 06, Rancabentang, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024). Lokasi TPS 045 berada beberapa meter dari kediaman Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) itu di Jalan Gunung Kencana.

Pantauan, sejumlah masyarakat memenuhi area TPS 045 untuk mencoblos. Sebagian pemilih duduk di kursi tunggu menunggu giliran dipanggil petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Sebagian pemilih lainnya melakukan pencoblosan di area bilik suara dan setelahnya memasukkan ke kotak suara. Kondisi di TPS 045 dan kawasan Ciumbuleuit tengah turun hujan gerimis dan mendung.

Baca Juga

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat meninjau sejumlah TPS di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, Selasa (13/2/2024) malam. Ia memastikan seluruh TPS di Jabar siap menggelar pencoblosan.

"Malam ini kami forkopimda lengkap, jadi Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi Kajati dan Kabinda dan Ketua KPU Jabar dan Bawaslu Jabar meninjau kesiapan akhir di tiga TPS, dua di Kabupaten Bandung dan satu Cimahi, dan sudah sangat siap," ucap dia.

Ia mengaku berdialog dengan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tentang daftar pemilih tetap (DPT). Sekaligus mengingatkan antisipasi terhadap potensi kecuranhan.

"Kami menanyakan DPT dan juga untuk beberapa hal harus dihindari semisal kecurangan-kecurangan itu, DPT meninggal perlakuannya seperti apa dan dicoret. Kita meminimalisasi adanya kecurangan seperti itu," kata dia.

Bey memastikan tidak terdapat kekurangan dari TPS yang akan menyelenggarakan pencoblosan. Namun, antisipasi lainnya yang harus dilakukan terkait potensi hujan.

Ia pun menegaskan bahwa logistik pemilu sudah terdistribusikan 100 persen ke seluruh wilayah di Jawa Barat. Termasuk wilayah dengan akses yang relatif sulit semisal menggunakan perahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement