Kamis 22 Feb 2024 17:42 WIB

Penggunaan Artificial Intelligence untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan Harus Bijak

Generative AI merupakan jenis kecerdasan buatan mampu menghasilkan sesuatu yang baru.

Chairlady IXCP Dr Sri Safitri saat memberi sambutan
Foto: Dok Republika
Chairlady IXCP Dr Sri Safitri saat memberi sambutan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Masa depan pengalaman pelanggan tidak hanya tergantung teknologi terbaru seperti Generative Artificial Intelligence (AI), tapi juga pada kemanusiaan kita. Hal tersebut dikatakan Dr Sri Safitri, Chairlady Indonesia Customer Experience Professional (ICXP), di sela-sela NXT CX Summit South East Asia ke-9 “CX Unleashed: Navigating The Future with Generative AI in Customer Experience”.

“Mari kita gunakan Generative AI dengan bijak, bertanggung jawab, dan dengan komitmen mendalam untuk melayani dan meningkatkan pengalaman pelanggan di Indonesia. Kita juga harus sadari pentingnya integrasi teknologi dalam menciptakan pengalaman pelanggan lebih baik," ujar Sri dalam keterangan persnya, Kamis (22/2/2024). 

Baca Juga

Menurutnya, Generative AI merupakan jenis kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan atau membuat sesuatu yang baru. Yakni dapat menciptakan data baru, seperti gambar, teks, musik, atau bahkan video, yang belum pernah dilihat atau dibuat sebelumnya, sehingga bisa membuat CX semakin optimal. 

NXT CX Summit juga menyoroti peran penting kepemimpinan dalam mencapai keunggulan dalam CX. Diskusi panel dan studi kasus memberikan wawasan tentang bagaimana organisasi dapat mengembangkan budaya yang mendukung inovasi, tanggung jawab, dan fokus pada kepuasan pelanggan.

Acara juga dimeriahkan pemberian penghargaan pada perusahaan di Indonesia yang memiliki peran besar peningkatan CX bagi pelanggannya. Menurut Sri, ICXP terus mengukir prestasi dalam dunia CX, salah satunya dengan menyelenggarakan NXT CX Summit South East Asia ke-9 yang kali ini diselenggarakan di Indonesia. 

"Ini wadah profesional CX di tanah air saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan terdepan menghadapi tantangan global di era transformasi digital," kata Sri. 

Beberapa tema diskusi yang diangkat adalah How to upgrade your CX program in 2024, State of Customer Experience (CX) in 2024, dan The Comprehensive Handbook for Achieving CX Leadership – Effective Approaches and Top-notch practices for success. 

Keberhasilan NXT CX Summit ke-9 juga mencerminkan pertumbuhan pesat komunitas CX di Indonesia. Semakin banyak profesional dan perusahaan yang menyadari bahwa menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan dalam memenangkan persaingan bisnis.

ICXP sendiri saat ini memiliki lebih dari 800 anggota. ICXP juga berkolaborasi dengan perusahaan dan vendor untuk menghadirkan keunggulan pengalaman pelanggan di Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement