Senin 04 Mar 2024 09:49 WIB

Sempat Ada Dinamika, Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Kota Cirebon Ditarget Rampung Dua Hari

Sempat ada dinamika saat rekapitulasi di tingkat kecamatan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi rekapitulasi suara
Foto: ANTARA FOTO/Hasrul Said
Ilustrasi rekapitulasi suara

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON ----Rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kota Cirebon, digelar pada Ahad (3/3/2024). Dilaksanakan di salah satu hotel, rapat itu turut dihadiri unsur Forkopimda Kota Cirebon, Bawaslu dan para kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkot Cirebon.

Menurut Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko, sebelum rapat pleno di tingkat kota memang sempat ada dinamika saat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Namun, dia menilai dinamika itu merupakan hal yang biasa dan bisa terselesaikan dengan baik. ‘’Saya bersyukur, sejak pelaksanaan Pemilu 14 Februari sampai hari ini, semua berjalan lancar dan tertib,’’ ujar Mardeko, Ahad (3/3/2024).

Baca Juga

Mardeko pun menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak terkait yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Cirebon berjalan dengan lancar. Dia menambahkan, sebelum hasil dari rekapitulasi nantinya dibawa ke tingkat provinsi, maka jika ada persoalan diharapkan bisa diselesaikan di tingkat kota.

‘’Kita harapkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Cirebon bisa sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Yakni dua hari, hari ini (Ahad) dan besok (Senin). Insya Allah selesai,’’ kata Mardeko.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, juga menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu beserta segenap jajarannya pada setiap tingkatan. Dia menilai, kedua lembaga itu telah mampu memastikan seluruh rangkaian dan tahapan Pemilu di Kota Cirebon berjalan sebagaimana mestinya.

‘’Kami apresiasi atas segala hal yang sudah diberikan, termasuk TNI/Polri yang terus memberikan dukungan. Dengan dinamika yang terjadi , mulai dari tingkat kecamatan, perbedaan pandangan dan lainnya mampu diselesaikan dan difasilitasi oleh KPU dan Bawaslu,’’ kata Agus.

Agus berharap, sinergi dan komitmen kuat yang telah terjalin sampai pada tahap pelaksanaan rekapitulasi itu dapat terjaga. Selain itu, memastikan seluruh aturan teknis dan koridor hukum terlaksana dengan baik. Dalam forum itu, setiap partai politik dan kandidat calon anggota legislatif memiliki perwakilan saksi masing-masing.

Untuk itu, Agus mengajak mereka menjaga suara dan hak konstitusional masyarakat, dengan memastikan perhitungan ini sudah sesuai dengan apa yang dihasilkan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). ‘’Kita berharap tahapan berikutnya dari tingkat Kota Cirebon ditindaklanjuti di tingkat Provinsi. Prosesnya terus berjalan, jika ada hal yang perlu diselesaikan atau kami siap diskusi, dan kami yakin semua punya persepsi yang sama dalam menjalankan tugas sesuai dengan norma yang ada,’’ kata Agus. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement