Senin 04 Mar 2024 21:35 WIB

Komitmen Jaga Kelestarian Hutan, Alumni IPB Reuni Gelar Forest Camp 2024

Semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap kelestarian hutan terlihat selama acara.

Kepala Divisi Perhutani Regional Jawa Barat & Banten, Tedy Sumarto di acara Forest Camp 2024
Foto: Dok Republika
Kepala Divisi Perhutani Regional Jawa Barat & Banten, Tedy Sumarto di acara Forest Camp 2024

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB (HAE IPB) menggelar acara reuni berbalut edukasi bertajuk Forest Camp 2024 di Objek Wisata Tangkal Pinus Cikole Lembang, Bandung pada 2-3 Maret 2024. Kegiatan ini, dihadiri oleh ratusan alumni Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB dari berbagai angkatan. Semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap kelestarian hutan terlihat selama acara digelar.

Menurut Rimbawan Muda yang Menakhodai Perum Perhutani yang juga alumni HAE IPB,Tedy Sumarto, Forest Camp 2024 mengangkat tema 'Tata Kelola Kehutan dan Lingkungan Berbasis Lanskap Secara Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045'. Tema ini, sejalan dengan Hari Hutan Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 Maret.

Baca Juga

"Selain itu mencerminkan komitmen alumni Fahutan IPB untuk berkontribusi dalam pembangunan kehutanan Indonesia yang berkelanjutan," ujar alumnus IPB angkatan 2005 yang memiliki karir gemilang di Perhutani ini.

Saat ini, Tedy memimpin Perum Perhutani sebagai Kepala Divisi Regional Jawa Barat & Banten. Sebelumnya, dia memimpin Divisi Komersial Kayu Perhutani dan berkontribusi dalam perancangan Forest Camp, sebuah program edukasi dan wisata alam yang inovatif. 

 

“Sebagai alumni Fahutan IPB, saya merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam FOREST CAMP 2024. Acara ini menjadi wadah penting untuk memperkuat silaturahmi antar alumni, meningkatkan pengetahuan tentang kehutanan, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap hutan,” papar Tedy Sumarto.

Forest Camp 2024 ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik. Di antaranya, NgoBrol Asik bersama narasumber inspiratif dari berbagai bidang kehutanan, Bajajiguran yang dimeriahkan dengan berbagai lomba dan permainan seru, Forest Night dengan api unggun dan sharing session, Aksi Peduli Lingkungan dengan penanaman pohon. Serta Outbond untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan.

Forest Camp 2024, kata Tedy, menjadi bukti nyata komitmen alumni Fahutan IPB dalam menjaga kelestarian hutan Indonesia. Acara ini,  diharapkan dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi konkret untuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

“Hutan adalah aset berharga bagi Indonesia. Kami, alumni Fahutan IPB, bertekad untuk menjaga dan mengelola hutan dengan sebaik-baiknya. Forest Camp 2024 menjadi langkah awal untuk mewujudkan komitmen tersebut,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement