Selasa 12 Mar 2024 17:12 WIB

Atalia Praratya, Melly Goeslaw Hingga Nico Siahaan Dipastikan Lolos ke DPR RI Dapil Jabar1

Ada beberapa pejawat DPR RI Dapil Jawa Barat I periode 2019 yang tergeser.

Atalia Praratya
Foto: Edi Yusuf/Republika
Atalia Praratya

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-----Perolehan suara tingkat kabupaten dan kota untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat 1 telah selesai direkap. Dapil Jabar 1 ini, terdiri dari Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Berdasarkan hasil rekapituliasi, Caleg yang memperoleh suara paling tinggi ada Atalia Praratya Kamil dari Partai Golkar. Atalia tak hanya mengalahkan beberapa calon legislatif (Caleg) dari partai lain. Namun, anggota DPR RI pejawat yang sama-sama di partai Gokar yaitu Nurul Arifin suaranya cukup jauh. 

Baca Juga

Atalia memperoleh suara 234.065. Jika dibandingkan pejawat Nurul Arifin, perolehan suaranya sangat jauh. Nurul Arifin yang merupakan politisi senior Partai Golkar ini, hanya memperoleh 63.203.

Kuota kursi DPR RI Dapil Jawa Barat I, sebanyak 7 kursi. Dari hasil pleno rekapitulasi KPU Kota Bandung dan Cimahi beberapa nama yang telah keluar sebagai pemenang berdasarkan suara terbanyak ada Atalia Praratya, Ledia Hanifa dari PKS, Melly Goeslaw Partai Gerindra, Nurul Arifin Partai Golkar, Junico Siahaan PDIP, Habib Syarief Muhammad PKB, H Fathi Partai Demokrat. 

Dapil Jawa Barat I ini, dipenuhi oleh kelompok perempuan. Kalau dilihat hasil perolehan suara, ada beberapa pejawat DPR RI Dapil Jawa Barat I periode 2019 yang tergeser. Beberapa pejawat tersebut adalah, Politisi Partai Nasdem, Muhammad Farhan serta Chairul Yaqin Hidayat dari Partai Demokrat. 

Namun, raihan suara yang diperoleh dari Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat I ini baru sebatas tingkat kabupaten dan kota. Sementara, hasil pleno rekapitulasi suara dilakukan secara bertahap mulai dari kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional. 

Berikut daftar 7 Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat I berdasarkan hasil pleno KPU Kota Bandung dan Cimahi adalah, 

- Atalia Praratya, Partai Golkar: 234.065

- Ledia Hanifa, PKS: 131.455

- Melly Goeslaw, Partai Gerindra: 75.365

- Nurul Arifin, Partai Golkar: 63.203

- Junico Siahaan, PDIP: 56.516

- Habib Syarief Muhammad, PKB: 51.801

- H Fathi, Partai Demokrat: 39.048

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement