Senin 18 Mar 2024 10:47 WIB

Pemkot Cimahi Gelar Mudik Gratis, Siapkan 8 Bus

Kuota pendaftaran, saat ini telah terisi penuh

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Mudik gratis (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mudik gratis (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menggelar mudik gratis Lebaran 1445 Hijriah bagi para pemudik asal Kota Cimahi tujuan Solo dan Semarang. Mereka, menyiapkan 8 bus yang diprioritaskan untuk masyarakat tidak mampu dan belum pernah ikut program tersebut.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi Chaeruddin Djoeharie mengatakan pendaftaran program mudik gratis Lebaran 1445 Hijriah telah dibuka sejak tanggal 13 hingga 15 Maret. Kuota pendaftaran, telah terisi penuh.

Baca Juga

"Tujuan mudik gratis tahun ini Cimahi-Solo lewat Yogyakarta melalui jalur selatan dan Kota Cimahi-Semarang lewat Cirebon di jalur utara," ujar Chaeruddin, Senin (18/3/2024).

Ia mengungkapkan mereka yang telah mendaftar harus mendaftar ulang pada tanggal 25 hingga 28 Maret. Para pemudik akan berangkat pada tanggal 6 April di Pemkot Cimahi.

Chaeruddin mengatakan program mudik gratis diperuntukkan bagi masyarakat Kota Cimahi dibuktikan dengan identitas kependudukan dan akte kelahiran bagi balita.  Pihaknya juga memprioritaskan warga Kota Cimahi yang belum pernah mendapatkan kuota serta mereka dari kalangan kurang mampu. "Jadi kan warga masih banyak yang belum, jadi bergiliran," katanya.

Menurutnya, pihaknya menyediakan delapan bus serta keluarga dibatasi maksimal hanya empat orang ditambah satu orang bayi. Kelaikan bus terlebih dahulu akan diperiksa. "Kita ada pemeirksaan bus 3 atau 4 hari sebelum keberangkatan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement