Kamis 04 Apr 2024 17:04 WIB

Hadapi Angkutan Lebaran 2024, Daop 3 Cirebon Tes Urine Puluhan Awak KA

Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba itu dilakukan diluar pemeriksaan rutin

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Tes Urine (Ilustrasi)
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Tes Urine (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---Puluhan pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) Daop 3 Cirebon, disidak tes kesehatan dan narkoba. Pelaksanaan tes itu dilakukan karena mereka akan melaksanakan dinas perjalanan kereta api selama Masa Angkutan lebaran Tahun 2024.

Tes kesehatan dan urin itu dilakukan PT KAI Daop 3 Cirebon berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon. Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba tersebut diikuti para ASP yang terdiri atas masinis, asisten masinis, teknisi kereta api, Polsuska dan pengatur perjalanan kereta api (PPKA).

Baca Juga

Menurut Rokhmad, pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba itu dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal tersebut dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan KA, terutama dalam masa Angkutan Lebaran Tahun 2024. 

‘’Pemeriksaan tes narkoba itu dilaksanakan untuk meyakinkan kru KA yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung,’’ ujar Rokhmad, Kamis (4/4/2024).

Selain itu, kata dia, tes tersebut juga dalam rangka penanggulangan penyalahgunaan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Daop 3 Cirebon.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement