Jumat 05 Apr 2024 08:39 WIB

GPM Digelar Serentak di Lima Kecamatan di Cirebon, Stok Pangan Dijamin Aman

Masyarakat diimbau membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi pangan murah
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Ilustrasi pangan murah

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---Pemkot Cirebon menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak di lima kecamatan yang ada di kota tersebut. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya penyediaan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap bahan pangan pokok dengan harga terjangkau menjelang lebaran.

Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, GPM juga dilakukan sebagai salah satu ikhtiar Pemda Kota Cirebon dalam menjaga daya beli masyarakat dan menekan laju inflasi. ‘’Kami yakinkan kepada masyarakat, stok komoditas pangan tercukupi,’’ ujar Agus, saat membuka GPM di GCM, Kecamatan Lemahwungkuk, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga

Agus juga mengimbau agar masyarakat membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Dia meminta kepada warganya untuk tidak menimbun barang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon, Elmi Masruroh mengatakan, dalam GPM yang digelar di GCM, Kecamatan Lemahwungkuk itu, disediakan 12 komoditas pangan lengkap, di antaranya beras, jagung, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging ayam ras, telur ayam ras, hingga minyak goreng.

Sedangkan di empat kecamatan lainnya, disediakan beras dan minyak goreng. Elmi mengungkapkan, melalui GPM yang digelar serentak di lima kecamatan, diharapkan bisa mendekatkan akses pangan ke masyarakat dengan harga terjangkau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

‘’Alhamdulillah, sampai hari ini harga dan ketersediaan pasokan pangan kami pastikan aman.  Kami akan berupaya untuk menjaga kondisi ini tetap stabil,’’ kata Elmi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement