Jumat 05 Apr 2024 11:59 WIB

H-5, Stasiun Bandung Berangkatkan 13.187 Pemudik ke Jatim, Jateng, dan DIY

Jumlah penumpang akan terus meningkat karena penjualan tiket masih berlangsung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Calon penumpang Kereta Api (KA) termasuk dari peserta program mudik gratis bertajuk Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 memadati Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Calon penumpang Kereta Api (KA) termasuk dari peserta program mudik gratis bertajuk Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 memadati Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Sebanyak 13.187 pemudik berangkat mudik dari Stasiun Bandung menuju Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada H-5 Lebaran 1445 Hijriah atau, Jumat (5/4/2024). Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga malam nanti.

"Untuk hari ini Jumat tanggal 5 April, keberangkatan Daop 2 Bandung 13.187 pemudik dari Stasiun Bandung, Kiaracondong dan Banjar," ujar Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Ayep mengatakan, mayoritas pemudik berangkat menuju ke arah timur yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta hingga ke Jawa Timur. Diperkirakan jumlah penumpang akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung. Pada hari biasa,  penumpang kereta api yang naik kereta api di Daop 2 berkisar antara 8.000 orang. Ia menambahkan total terdapat 44 perjalanan kereta api untuk membawa pemudik. "Penumpang akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung," katanya.

Ayep menambahkan pihaknya menyiapkan keamanan terdiri atas personel Polsuska dan personel security 640 orang,  dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa 40 orang. Serta bantuan eksternal dari TNI-Polri 69 orang. "Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas kereta api, stasiun, maupun melakukan patroli di jalur kereta api dan obyek-obyek penting lainnya, seperti dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 749 orang," katanya.

Di sisi pelayanan, kata dia, ada customer service mobile sebanyak 12 orang untuk melayani para pengguna jasa di stasiun. Mereka ditempatkan Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong dan Cimahi. Petugas kesehatan ditempatkan di beberapa stasiun besar seperti Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Rancaekek, Padalarang, Cianjur dan Purwakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement