Jumat 05 Apr 2024 21:56 WIB

Sempat Longsor, Jalur Majalengka - Kuningan Bisa Dilewati Pemudik Berkendaraan Kecil

Ruas jalan tersebut saat ini hanya bisa dilintasi sepeda motor dan mobil kecil

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Longsor di jalur Majalengka-Kuningan, Jawa Barat
Foto: Antara Photo
Longsor di jalur Majalengka-Kuningan, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Ruas jalan nasional penghubung Majalengka – Kuningan, tepatnya di Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, dipastikan bisa dilewati oleh pemudik pada lebaran kali ini. Sebelumnya, jalur tersebut sempat ditutup selama beberapa hari akibat longsor pada 5 Maret 2024. Longsor terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan deras dalam durasi yang lama.

Diketahui ada empat titik longsor di sepanjang ruas jalan tersebut. Setelah pembersihan yang melibatkan petugas gabungan, ruas jalan itu akhirnya dibuka dan dapat dilintasi kembali oleh kendaraan. Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, menyatakan, telah mengecek langsung kondisi ruas jalan Majalengka - Kuningan tersebut. Dia pun memastikan kondisi jalan aman untuk dilintasi para pemudik.

Baca Juga

‘’Kami sudah mengeceknya, dan jalurnya bisa dilintasi untuk mudik,’’ ujar Indra, Jumat (5/4/2024).

Namun, kata Indra, ruas jalan tersebut saat ini hanya boleh dilintasi oleh kendaraan sepeda motor maupun mobil berukuran kecil. Sedangkan kendaraan besar, belum diperbolehkan melintasi ruas jalan itu.

Untuk itu, kendaraan besar yang hendak menuju Majalengka dari Kuningan maupun sebaliknya, dialihkan ke jalur alternatif. Yakni, melalui Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, dan Jalan Cidulang - Cipulus menuju Gunung Sirah, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Saat ini, ruas jalan nasional Majalengka - Kuningan pun sudah bisa dilalui kendaraan kecil dari kedua arah. Sebelumnya, jalur tersebut menerapkan one way karena kondisi tanahnya yang masih labil dan rawan longsor susulan. ‘’Sekarang sudah bisa dilalui dari dua arah. Kami mengimbau para pengendara tetap berhati-hati,’’ kata Indra. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement