Rabu 10 Apr 2024 21:10 WIB

Jaga Kesehatan Gigi Tetap Prima Selama Libur Lebaran, Ini yang Harus Diperhatikan

Sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak

Sikat gigi bisa menjaga kebersihan gigi
Foto: Dok Republika
Sikat gigi bisa menjaga kebersihan gigi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Di Hari Raya Idul Fitri, tradisi mudik dan merayakan Hari Raya di kampung halaman menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Agar tampil terus prima selama libur lebaran, perawatan gigi dan mulut sangat penting untuk diperhatikan.

Karena, pada saat merayakan Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya dihadapkan dengan hidangan makanan dan minuman yang bervariasi yang mengandung gula, bersantan, berlemak, dan berminyak. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut agar bisa mencegah penumpukan lemak dan plak pada gigi dengan cara menyikat gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi profesional.

"Saat mengonsumsi makanan berlemak, lemak akan menempel di permukaan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya menggosok gigi setelah makan makanan berlemak untuk mencegah sisa lemak menempel di gigi dan gusi," ujar Wakil Ketua Umum II Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, drg Gagah Daru Setiawan MM dalam keterangan resminya belum lama ini.

Selain itu, kata dia, harus membatasi olahan siap saji dan makanan manis. Serta, menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk gigi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat agar memudahkan sisa makanan terbawa ketika kita makan. "Apabila ada keluhan, segera konsultasi maupun periksa ke dokter gigi profesional," kata Gagah.

Tak lupa, kata dia, masyarakat juga perlu minum air putih 8 gelas setara dengan 2 liter per hari atau minum teh hijau maupun hitam agar tubuh tidak terhidrasi. "Hal ini efektif mencegah peradangan pada gusi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum,” katanya.

Terkait dengan mudik, drg Gagah juga memberikan saran agar tetap menjaga kondisi tubuh secara utuh, salah satunya dengan melakukan olahraga ringan, agar tubuh tidak ‘kaget. Mengingat perjalanan mudik butuh waktu relatif lebih panjang dibanding aktivitas perjalanan rutin sehari-hari.

Menurut drg Gagah, kesehatan tubuh secara umum perlu lebih dijaga, karena butuh asupan sehat yakni buah-buahan kaya serat dan mengandung vitamin C. Tujuannya menambah kesegaran tubuh, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama mudik sampai nanti di hari raya Idul Fitri. “Kandungan vitamin D dalam susu menjadikan ggi dan tulang menjadi kuat. Selain itu di dalam susu juga terkandung protein seperti biji-bijian dan kacang-kacangan,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement