Kamis 11 Apr 2024 09:39 WIB

Bus Terguling di Tol Cipali KM 98, Kemacetan tak Terhindarkan

Polisi memberlakukan contraflow untuk mengantisipasi kemacetan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Karta Raharja Ucu
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM150, Mekarjaya, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM150, Mekarjaya, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalan Tol Cipali, kali ini di KM 98 arah Jawa Tengah pada Rabu (10/4/2024) sore WIB, di mana bus besar berwarna kuning terguling dan melintang menutup sebagian ruas jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan lalu lintas tersebut.

“Untuk korban bus tersebut tidak ada dan bus sudah dievakuasi oleh petugas kepolisian," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast kepada awak media, Rabu (10/4/2024).

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, tapi peristiwa kecelakaan tersebut sempat menyebabkan kemacetan panjang. Untuk meminimalisir kepadatan atau kemacetan lalu lintas, kepolisian menerapkan contraflow untuk mengurai kemacetan.  

"Telah dilakukan rekayasa lalu lintas di jalur B atau ke arah Jawa Tengah yaitu contraflow 1 lajur dr KM 87 sampai KM 100," kata Jules.

Sebelumnya PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) atas diskresi Kepolisian rekayasa lalu lintas kendaraan arah Cikampek guna mengurai peningkatan volume lalu lintas pada hari pertama Idul Fitri 1445 hijriah. Rekayasa lalu lintas uang dilakukan adalah menerapkan contraflow arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek

“Pukul 13:45 WIB diberlakukan contraflow 1 lajur KM 55 sampai dengan KM 65 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian pada pukul 15.00 WIB contraflow 1 lajur diperpanjang menjadi dari KM 47 sampai dengan KM 65 arah Cikampek,” ujar VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo dalam keterangannya, Rabu (10/4/2024).

Selain itu, Ria juga mengatakan, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup. Kemudian jangan lipa mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. 

“Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini,” pesan Ria. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement