Kamis 06 Jun 2024 12:39 WIB

Puluhan Warga Terdampak Pipa PDAM Pecah di Bandung Bersih-Bersih Rumah

Salah satu pemilik rumah yang rusak berat tengah mengevakuasi barang-barang berharga

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas bersama warga membersihkan sisa lumpur akibat pipa PDAM yang jebol di RT 01 RW 05 Jalan Maleer, Kota Bandung, Jawa Barat,Kamis (6/6/2024). Pemilik rumah yang rusak berat berusaha mencari barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan.
Foto: Republika/ M Fauzi Ridwan
Petugas bersama warga membersihkan sisa lumpur akibat pipa PDAM yang jebol di RT 01 RW 05 Jalan Maleer, Kota Bandung, Jawa Barat,Kamis (6/6/2024). Pemilik rumah yang rusak berat berusaha mencari barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Puluhan warga terdampak pipa pecah di RT 01 RW 05, Jalan Maleer, Kota Bandung membersihkan sisa material lumpur yang masuk ke rumah, Kamis (6/6/2024). Mereka dibantu oleh petugas kepolisian yang ikut mengevakuasi barang-barang milik korban terdampak.

Pantauan, petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung melakukan perbaikan pada sebagian kirmir di dekat lokasi pipa pecah yang jebol akibat limpasan air pipa PDAM. Mereka sementara memasang puluhan karung berisi tanah di sepanjang sungai tersebut.

Baca Juga

Di area jalan, petugas pun membersihkan material tanah menggunakan alat berat dipindahkan ke bak truk. Para petugas kepolisian ikut membantu evakuasi barang-barang pada dua rumah yang rusak berat akibat pipa PDAM pecah.

Sementara itu, salah satu pemilik rumah yang rusak berat tengah mengevakuasi barang-barang berharga yang masih bisa diselamatkan. Sejumlah anggota keluarga turun mengecek barang-barang.

 

Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan peristiwa pipa pecah di Jalan Maleer terjadi Rabu (5/6/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. Pipa yang pecah menyalurkan air baku dari Pangalengan ke kantor utama di Jalan Badak Singa.

"Memang ada yang pecah, pipa itu 900 milimeter atau 90 sentimeter yang membawa air baku dari Cikalong Pangalengan menuju Badak Singa untuk diolah. Pipa yang bocor ini pipa air baku bukan air minum," ujar Sonny di lokasi, Kamis (6/6/2024).

Ia menyebut saat ini petugas dibantu warga tengah melakukan evakuasi terhadap warga terdampak. Selain itu, pembersihan dilakukan untuk memastikan luas dan panjang pipa yang pecah.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sekarang kita lakukan pembersihan dulu untuk memastikan luas dan panjang pipa yang harus kita ganti," kata dia.

Menurutnya, apabila retakan pipa yang pecah panjang maka beberapa rumah lainnya harus dibongkar. Sonny berharap pipa yang pecah tidak terlalu panjang sehingga tidak harus membongkar rumah lainnya. "Kalau sudah pembersihan, lalu alat berat masuk maka tiga hari bisa penyambungan yang lama itu proses pengembalian kepada semula," kata dia.

Ia menambahkan belum dapat memastikan penyebab pipa pecah sebab masih harus melakukan investigasi. Selain itu pembersihan.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement