Ahad 16 Jun 2024 09:31 WIB

800 Hewan Kurban Terkena PMK di Jabar, Mayoritas di Bandung, Kab Bandung dan Sumedang

Total sapi potong dan sapi perah di Jawa Barat mencapai 600 ribu ekor.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Menjelang Idul Adha 1445 hijriah, sebanyak 800 ekor hewan kurban terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Barat (Jabar). Namun, penyakit mulut dan kuku yang dialami hewan kurban tergolong ringan dan dapat sembuh.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan (DKPP) Provinsi Jabar Supriyanto mengatakan hasil pemeriksaan menunjukkan terdapat 800-an hewan kurban yang terkena penyakit kuku dan mulut (PMK). Namun, gejala yang dialami hewan kurban tidak terlalu parah.

Baca Juga

"Untuk PMK yang kita deteksi sampai dengan hari ini itu di angka 800-an tapi dalam kondisi yang tidak terlalu parah karena sekarang petugas, peternak dan masyarakat sudah paham tentang PMK tidak seperti dua tahun lalu dimana begitu heboh," ujar Supriyanto belum lama ini.

Ia mengatakan saat ini peternak, petugas dan masyarakat sudah paham bagaimana menangani penyakit mulut dan kuku di lapangan. Angka hewan kurban yang mengalami PMK tahun 2024 dibandingkan 2023 menurun. "Di H-5 tahun kemarin itu kita menghadapi ribuan 3.500 sampai 4.000 sakit, sekarang hanya 800-an sangat jauh menurun," katanya. 

 

Supriyanto menyebut hewan kurban yang mengalami PMK ditemukan mayoritas di Bandung dan Kabupaten Bandung serta Kabupaten Sumedang. Namun, jumlahnya relatif tidak banyak di angka 100-an hewan kurban.

Menurutnya, total sapi potong dan sapi perah di Jawa Barat mencapai 600 ribu ekor. Dibandingkan dengan hewan kurban yang terkena PMK 863 ekor maka relatif kecil angkanya. Proses vaksinasi terus rutin dilakukan enam bulan sekali sehingga antisipasi PMK dapat dicegah. Selain itu stok vaksin dan obat-obatan relatif masih tersedia banyak mencapai 200 ribuan.

"Mudah-mudahan bisa menghadapi Idul Adha dengan tenang, ternak cukup dan hewan sehat," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement