Kamis 27 Jun 2024 17:45 WIB

Resmi Jadi LAZ Nasional, ASAR Humanity Komitmen Perluas Manfaat

ASAR Humaity memiliki cabang di empat provinsi yaitu di Aceh, Sumut, Sumbar, dan DIY.

ASAR Humanity akhirnya resmi berstatus sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Nasional, Selasa (25/6/2024).  Peresmian status LAZ Nasional ini ditandai dengan acara penandatangan pakta integritas dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenag RI Nomor394 Tahun 2024 di Gedung Graha ASAR, Tapos, Depok.
Foto: dokpri
ASAR Humanity akhirnya resmi berstatus sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Nasional, Selasa (25/6/2024). Peresmian status LAZ Nasional ini ditandai dengan acara penandatangan pakta integritas dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenag RI Nomor394 Tahun 2024 di Gedung Graha ASAR, Tapos, Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --  Setelah berdiri sejak 2018 dan memberi kebermanfaatan, lembaga kemanusiaan ASAR Humanity akhirnya resmi berstatus sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat Nasional, Selasa (25/6/2024).

Peresmian status LAZ Nasional ini ditandai dengan acara penandatangan pakta integritas dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenag RI Nomor394 Tahun 2024 di Gedung Graha ASAR, Tapos, Depok. SK tersebut diberikan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Waryono Abdul Ghofur.

“Penting bagi kita bersinergi dengan lembaga lain dan memfungsikan kehadiran negara, sehingga nantinya para mustahik bisa naik kelas menjadi muzzaki,” ujar Prof Waryono dalam sambutannya.

Ia berpesan, Amil Zakat perlu bersinergi mewujudkan peningkatan hidup masyarakat khususnya yang masih merasakan kemiskinan. Prof. Waryono juga mendorong masyarakat untuk menunaikan zakat di lembaga Amil Zakat yang legal dan tercatat secara resmi di kementerian Agama.

"Selain itu, acara peresmian ini juga menjadi motivasi bagi ASAR Humanity untuk terus berkomitmen pada dunia kemanusiaan dan mengikhtiarkan manfaat yang lebih luas,” kata Prof Waryono

Ini menjadi dorongan bagi ASAR Humanity, lanjutnya, untuk membuat lebih banyak orang tersenyum bahagia dan memberi manfaat seluas-luasnya.

Mendukung pernyataan Prof Waryono, Ketua Dewan Pembina ASAR Humanity Ahmad Dahlan menyampaikan rasa syukurnya karena dirinya saja kemarin saya turut membersamai rekan-rekan ke lapangan aksi distribusi hewan kurban ke pelosok NTB. "Masya Allah, bahagia sekali melihat banyak saudara bahagia di Idul Adha," katanya.

Sudah lima tahun berdiri untuk dunia kemanusiaan, ASAR Humanity telah menebar manfaatnya kepada 1,3 juta masyarakat hingga pelosok negeri.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan ASAR Humanity Noval Eriansyah, sekitar 1.3 juta jiwa di 32 provinsi telah merasakan manfaat melalui berbagai program layanan seperti Pendidikan, Air Bersih, Pangan, Kesehatan, Emergency Sosial dan Bencana, hingga Ekonomi.

"Insya Allah, ASAR Humanity telah bertransformasi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional. Wujud strategi untuk meningkatkan karya kemanusiaan lembaga yang tumbuh dan berkembang, aman syar’i, aman regulasi juga aman NKRI. Tak lupa ini bukti tekad lembaga untuk semakin professional dan amanah dalam menjalankan roda organisasi LAZNAS ASAR Humanity," katanya.

ASAR Humanity saat ini berkantor pusat di Tapos Depok dan memiliki cabang di empat provinsi yang berada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan DIY serta jaringan relawan yang tersebar di lebih dari 26 provinsi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement