Senin 08 Jul 2024 07:55 WIB

Waspada, BMKG Perkirakan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Selatan Jabar

Cuaca di wilayah Bandung Raya pada umumnya berawan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Seorang warga diterjang gelombang tinggi (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Seorang warga diterjang gelombang tinggi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Bandung Raya tiga hari ke depan mulai dari tanggal 7 hingga 9 Juli. Potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan cuaca di wilayah Bandung Raya pada umumnya berawan. Namun, berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang.

Baca Juga

Ia mengatakan pada tanggal 7 Juli potensi hujan terjadi di wilayah Bandung bagian barat, utara, timur, barat hingga selatan. Potensi hujan berpeluang terjadi siang, sore dan malam hari. Sedangkan pada tanggal 8 Juli potensi hujan berpeluang terjadi di Bandung Raya pada siang, sore hingga malam hari. Kemudian, pada tanggal 9 Juli berpotensi hujan ringan di wilayah Bandung Raya.

Selain itu, potensi gelombang perairan di utara, selatan Jawa Barat antara 0,5 meter hingga 3 meter. "aspadai potensi gelombang tinggi di selatan Jawa Barat," ujar Teguh Rahayu, Senin (8/7/2024).

Teguh mengatakan saat ini sebagian wilayah Jawa Barat termasuk Bandung Raya sudah memasuki awal musi. kemarau. Namun, untuk tiga hari ke depan masih ada potensi hujan karena kondisi dinamika atmosfer regional dan pengaruh lokal.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap terjadinya potensi dampak cuaca buruk yang terjadi pada masa peralihan," kata dia.

Selain itu, waspada bencana genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya. Mereka yang sedang beraktivitas di luar ruangan apabila terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat maupun panas yang terik diharapkan untuk berlindung di tempat yang aman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement