Selasa 30 Jul 2024 10:47 WIB

Ratusan Polisi Dikerahkan Amankan Sidang PK Saka Tatal dan Demo Mahasiswa

Para personel pengamanan akan ditempatkan mulai dari pintu masuk, ring tiga, ring dua

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ratusan personel dari Polres Cirebon Kota dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) Saka Tatal, di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, Selasa (30/7/2024).
Foto: Lilis Sri Handayani
Ratusan personel dari Polres Cirebon Kota dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) Saka Tatal, di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, Selasa (30/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Ratusan personel dari Polres Cirebon Kota dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) Saka Tatal, di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon, Selasa (30/7/2024). Aksi mahasiswa yang menyoroti kasus Vina juga rencananya akan mewarnai jalannya sidang tersebut.

‘’Personel Cirebon Kota siap mendukung, mengamankan pelaksanaan jalannya sidang PK. Kekuatan kita sekitar 154 personil, yang mengamankan di lingkungan PN,’’ ujar Kapolsek Cirebon Utara Barat, AKP Iwan Gunawan, didampingi Kasat Samapta AKP Endoy Sahru Ramdan, saat ditemui di sela pengamanan di PN Cirebon, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga

Iwan mengatakan, para personel pengamanan akan ditempatkan mulai dari pintu masuk, ring tiga, ring dua dan ring satu. Petugas juga akan melakukan sortir pengunjung di pintu masuk PN, mengingat sidang yang digelar hari ini di PN bukan hanya PK Saka Tatal. ‘’Semuanya sudah terploting, sudah kita tempatkan,’’ kata Iwan.

Menurut Iwan, pengamanan yang disiapkan itu tidak hanya untuk mengamankan jalannya sidang. Namun juga termasuk untuk pengamanan aksi unjuk rasa yang rencananya akan dilakukan oleh mahasiswa. ‘’Mudah-mudahan demo berjalan dengan lancar, tertib,’’ katanya.

Seperti diketahui, sidang PK Saka Tatal hari ini merupakan lanjutan yang ketiga kalinya. Dalam sidang kali ini, tim kuasa hukum Saka Tatal akan menghadirkan sejumlah saksi di persidangan.

Di sisi lain, mahasiswa yang tergabung dalam Permahi DPC Cirebon juga rencananya akan menggelar aksi di depan PN Cirebon. Dalam aksinya itu, mereka menuntut pengusutan tuntas kasus Vina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement