Rabu 31 Jul 2024 19:02 WIB

Pendatang Baru, Tim Tenis Meja GO Pasundan Berhasil Juarai Liga 1 Indonesia

Keberhasilan tim Gree One TTC yang diperkuat para pemain muda rata-rata usia 15 tahun

Gree One TTC-Paguyuban Pasundan (GO Pasundan) berhasil meraih gelar juara 1 Liga 1 Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 Seri 1
Foto: Dok Republika
Gree One TTC-Paguyuban Pasundan (GO Pasundan) berhasil meraih gelar juara 1 Liga 1 Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 Seri 1

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sebagai pendatang baru di kancah Tenis Meja Nasional, Gree One TTC-Paguyuban Pasundan (GO Pasundan) berhasil meraih gelar juara 1 Liga 1 Indonesia Pingpong League (IPL) 2024 Seri 1 yang berlangsung pada 25-28 Juli di Oemar Basri Syaaf Hall, Jakarta.

GO Pasundan yang diperkuat oleh Gibran, Andri, Rafi, dan Bayu tampil gemilang di ajang liga berskala nasional tersebut. Yakni, dengan menyapu bersih 7 kemenangan.

Baca Juga

Manajer GO Pasundan yang juga Dosen Prodi Manajemen FEB UNPAS Ardi Gunardi mengatakan, pihaknya baru pertama kali ikut terjun di kejuaraan Tenis Meja Nasional. GO Pasundan menurunkan materi pemain yang berasal dari pemain yang dinilai potensial dari seluruh wilayah Jawa Barat (Jabar). Selama ini, dibina oleh Gree One TTC yang merupakan Sister Club dari GO Pasundan. Para pemain ini di berpeluang untuk menjadi mahasiswa di Universitas Pasundan, STIE Pasundan, STKIP Pasundan, dan STH Pasundan.

"GO Pasundan berada dalam urutan ke-1, ini langkah yang baik, karena pertama kali turun, GO Pasundan langsung menggebrak di peringkat 1 dari 8 tim dari seluruh Indonesia yang berada di Liga 1," ujar Ardi, dalam keterangan resminya, Rabu (31/7/2024).

Ardi berharap olah raga tenis meja dapat terus berkembang semakin baik. "Sekaligus kami ingin membranding GO Pasundan, yang peduli terhadap perkembangan olahraga tenis meja. Kami juga berharap semoga hasil ini menjadi kado untuk milangkala Paguyuban Pasundan ke-111 pada 20 Juli 2024," katanya.

Klub ini dimiliki oleh Gree One TTC yang berdiri sejak 2023. Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof Dr HM Didi Turmudzi mengatakan, Paguyuban Pasundan merupakan organisasi budaya Sunda yang berdiri pada tanggal 20 Juli 1913 yang didirikan oleh Daeng Kanduruan Ardiwinata. Sehingga, menjadi salah satu organisasi tertua di Indonesia yang masih aktif sampai saat ini.

Organisasi ini bergerak dalam bidang pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan. “Paguyuban ini bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda dengan melibatkan bukan hanya orang Sunda, tetapi semua yang mempunyai kepedulian terhadap budaya Sunda,” katanya.

Tahun 2024 Gree One TTC bekerja sama dengan Paguyuban Pasundan dan menyesuaikan nama tim menjadi GO Pasundan. Kemitraan berlanjut di IPL Liga 1 2024 dengan penyematan nama Pasundan pada nama tim.

Sementara menurut Presiden sekaligus pemilik Klub Gree One, Sandra Islama Putra yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 2 Bidang Pembinaan Prestasi Pengprov PTMSI Jawa Barat, keberhasilan GO Pasundan dilengkapi dengan keberhasilan tim Gree One TTC yang diperkuat para pemain muda dengan rerata usia 15 tahun menjadi Juara 5 Putra dan Juara 4 Putri.

“Meski masih muda, para atlet tidak gentar menghadapi lawan-lawannya yang secara usia jauh di atas mereka," kata Sandra. Bahkan jumlah kemenangan tim putra sama dengan peringkat 2,3, dan 4 yaitu sebanyak 4 kali, namun mereka kalah dalam perhitungan poin head to head.

Ketua Panitia IPL 2024, Yon Mardiono mengatakan IPL akan menjadi oase di tengah minimnya kompetisi tenis meja nasional. IPL 2024 akan terdiri dari tiga seri dan grand final akan digelar di GBK Basket Hall Jakarta pada 6-8 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement