Sabtu 21 Sep 2024 22:32 WIB

Ingin Hasilkan Banyak Ilmuwan Islam, Sekolah Berasrama Ini Berubah jadi Pesantren Science

Transformasi menjadi pesantren dilakukan agar menghasilkan banyak ilmuwan islam

Direktur Majelis Pendidikan Darul Hikam, Ruri B Ramadhanti
Foto: Dok Republika
Direktur Majelis Pendidikan Darul Hikam, Ruri B Ramadhanti

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Proses pendaftaran siswa baru (PSB) sekolah favorit swasta di Bandung Raya mulai dibuka. Salah satunya, dilakukan oleh Sekolah Darul Hikam. Namun, tahun ini Sekolah Berasarama Darul Hikam Dago Giri melakukan transformasi menjadi Pesantren Science dan Teknologi Darul Hikam. Menurut Direktur Majelis Pendidikan Darul Hikam, Ruri B Ramadhanti, transformasi dilakukan setelah pihaknya melakukan evaluasi selama setahun pada sekolah berasrama.

"Kami ingin ada kekhasan yang berbeda dibandingkan sekolah lainnya. Setelah melakukan pengkajian, study banding, FGD akhirnya memutuskan sekolah berasrama bertansformasi ke Pesantren Science dan Teknologi," ujar Ruri kepada wartawan di acara Open House PSB Darul Hikam 2025, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga

Transformasi ini dilakukan, kata dia, untuk menghasilkan alumni ilmuwan-ilmuwan islam. Pihaknya berharap, bisa membangkitkan kembali kejayaan islam di bidang science. Nantinya, di pesantren ini bukan hanya menerapkan pembelajaran science dan teknologi. Tapi, menjadikan Al quran sebagai rujukan utama. "Artinya, semua science nantinya bermuara ke Al quran," katanya.

Ruri mengatakan, dulu Islam pernah berjaya dengan berbagai penemuan dan ilmu pengetahuannya. Sehingga, umat islam banyak menemukan berbagai kemudahan dengan bantuan science dan teknologi ini. "Kami ingin merintis siapa tahu kejayaan islam akan mulai maju kembali. Kan sekarang pengetahuan kiblatnya ke barat padahal dulu yang berjaya umat islam," paparnya.

Ruri menjelaskan, secara keseluruhan dari semua jenjang tahun ini kuota siswa Darul Hikam bertambah 100 kursi. Hal ini terjadi, karena Darul Hikam memiliki kampus baru untuk siswa SMP dan SMA Unggulan di Jalan Jakarta. "Tahun lalu kapasitas SMA Unggulan ini hanya 75 meskipun akhirnya diterima 104 orang. Kalau sekarang, kuotanya menjadi 120 sesuai kapasaitas maksimal. Karena kampus SMP SMA Unggulan ini fasilitasnya cukup banyak termasuk punya lapangan olah raga indoor out door, masjid dan lainnya cukup lengkap," paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua PSB Darul Hikam Luqman Amin mengatakan, tahun ini pihaknya kembali memberikan beasiswa internal maupun eksternal. Nilainya, mencapai Rp 1,5 miliar. Beasiswa tersebut, ada beasiswa prestasi dan afirmasi. Untuk beasiswa prestasi, ada prestasi akademik dan jalur hafiz Al quran.

"Tahun ini pun, kami memberikan diskon. Yakni, di internal ada diskon keluarga besar dan ada diskon yang daftar di awal. Dan alhamdulillah lulusan SMA kami yang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pun ada peningkatan. Yakni, lulusan sekolah berasrama yang diterima di PTN mencapai 62 persen, SMA unggulan yang keterima di PTN 72 persen, dan DHIS mencapai 75 persen," paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement