Kamis 13 Nov 2025 14:05 WIB

Puluhan Layanan Publik Dibuka di Jabar Kabisa, dari Sertifikasi Halal hingga Konsultasi NPWP

Jabar Kabisa bukti pemerintah hadir melayani masyarakat

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar Nining Yulistiani memantau Pameran Jabar Kabisa: Abdi Nagri Ngawula Rakyat di Sport Jabar Arcamanik, yang digelar Kamis (13/11/2025) hingga Jumat (14/11/2025).
Foto: Dok Republika
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar Nining Yulistiani memantau Pameran Jabar Kabisa: Abdi Nagri Ngawula Rakyat di Sport Jabar Arcamanik, yang digelar Kamis (13/11/2025) hingga Jumat (14/11/2025).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar menggelar kegiatan 'Jabar Kabisa: Abdi Nagri Ngawula Rakyat' di Sport Jabar Arcamanik, Kamis (13/11/2025) hingga Jumat (14/11/2025).

Menurut Kadisperindag Jabar Nining Yulistiani, sejumlah layanan yang dapat diakses langsung di lokasi pameran. Antara lain, Sertifikasi Halal, Fasilitasi Pendampingan Penerbitan Nomor Induk berusaha (NIB), Konsultasi Layanan Pajak (NPWP), Konsultasi Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan Izin Edar Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga

Selain itu, kata Nining, pada kesempatan ini juga dibuka konsultasi Layanan SIINAS, TKDN, Surat Rekomendasi Merek, Pengujian Kopi, Kalibrasi, SNI, Informasi Standardisasi, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Administrasi Hukum Umum (AHU), Fasilitasi Kemasan, Konsultasi Pengujian Produk (K3L, TKDN), Jasa Standardisasi Produk Logam serta Calon Mitra Ritel. "Tak hanya itu, akan hadir pula layanan publik lain," ujar Nining.

Menurut Nining, layanan publik lainnya yang ada di pameran Jabar Kabisa adalah Samsat Keliling, Penjualan Produk Pangan Beras SPHP, Cek Kesehatan Gratis, Klinik Perlindungan Konsumen, Jasa Perbankan, Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Layanan Pengaduan Sistem Pembayaran, Layanan Kesehatan Hewan hingga Perpustakaan Keliling.

“Salah satu rangkaian utama Jabar Kabisa 2025 adalah Konsumen Cerdas Festival, yang diisi dengan kegiatan talkshow interaktif seputar literasi konsumen dan pelaku usaha. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih cerdas, bijak, dan berdaya dalam bertransaksi serta mendorong pelaku usaha untuk lebih bertanggung jawab dan ramah terhadap konsumennya,” paparnya.

Menurutnya, acara yang bertagline Jabar Kabisa Abdi Negeri Ngawula Rakyat 2025 ini merupakan bukti pemerintah hadir melayani masyarakat terutama para pelaku usaha. Dalam dua hari ini, pihaknya berusaha memberikan pelayanan yang menyeluruh.

"Nah, 2 hari ini kita terjemahkan hal tersebut, bagaimana kemudian memunculkan pelaku usaha yang berkualitas produk barang yang terstandarisasi dan kemudian bisa diakses oleh masyarakat. Oleh karena itu, kita juga ngebangun pelayanan terpadu yang tidak kurang dari 30 pelayanan untuk legalisasi perizinan itu kita munculkan di sini sehingga masyarakat bisa mengakses," katanya.

Jabar Kabisa 2025 juga, kata dia, menampilkan pameran produk unggulan Jabar yang terbagi ke dalam tiga zona utama, yaitu Pasar Minggon Industri dan Perdagangan (Pasamoan), Promosi Bersama (Probes), dan Produk Berstandar. 

"Kita menampilkan pameran produk-produk dari para pelaku usaha terutama IKM yang sudah memiliki standarisasi. Jadi kualitasnya terjamin merupakan produk dalam negeri. Kemudian juga teman-teman IKM atau UKM yang memiliki produk yang prospektif untuk kemudian dikembangkan ke depannya," katanya.

Nining berharap, dengan kegiatan ini bisa lahir konsumen yang memiliki kapasitas untuk bisa cerdas, teliti dalam membeli produk, juga terciptanya ekosistem perdagangan yang mengedepankan penggunaan produk dalam negeri. "Sehingga nanti kita bisa berdaya ke depannya dan juga untuk meningkatkan literasi masyarakat untuk kemudian mengetahui hak dan kewajibannya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement