Jumat 08 Apr 2022 15:49 WIB

Musim Hujan, Damkar Depok Berhasil Evakuasi 67 Ekor Ular

Hewan liar tersebut dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Agus Yulianto
Petugas dan warga mengevakuasi ular.
Foto: dok. Istimewa
Petugas dan warga mengevakuasi ular.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan sebanyak 67 ekor ular. Ular dari berbagai jenis tersebut diamankan selama musim hujan dalam empat bulan terakhir yakni sejak Januari 2022.

"Hewan liar tersebut dievakuasi karena masuk ke pemukiman warga," ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos di Kota Depok, Jumat (8/4/2022).

Dia merinci, pada bulan Januari pihaknya berhasil mengamankan 16 ekor. Kemudian, Februari 18 ekor dan Maret 33 ekor. "Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dimana pada tiga bulan pertama mencapai 39 ekor ular yang dievakuasi," ungkap Welman.

Menurut Welman, puluhan ekor ular yang dievakuasi terdiri dari beberapa jenis yaitu sanca, kobra, welling dan ular ijo. Namun, sebagian besar di antaranya adalah Ular sanca. "Ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga ruang keluarga," terangnya. 

Lanjut Welman, bagi warga yang membutuhkan bantuan kegawatdaruratan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280. "Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement