Selasa 02 Feb 2021 01:50 WIB

 Legislator: Sekolah Penggerak Jangan Jadi Sekolah Unggulan

Sekolah penggerak tidak pada konteks untuk menjadikan pembeda dari sekolah lain.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Agus Yulianto
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda
Foto:

Selain itu, dia juga menilai, penitng untuk mendorong sosialisasi yang baik secara langsung kepada masyarakat di lapangan. "Kita mendorong Kemendikbud untuk membentuk tim khusus supaya apa yang menjadi target sekolah penggerak ini betul-betul dipahami, betul-betul menjadi bagian utuh apa yang menjadi agenda besar kita yaitu transformasi pendidikan Indonesia," kata dia.

Lebih lanjut, Huda juga menyinggung soal menciptakan ekosistem yang mendukung proses pendidikan. Isu soal kepala sekolah dan guru masih menjadi hal yang belum terselesaikan selama ini.

Terkait hal ini, menurut dia, perlu ada afirmasi khusus dari seluruh pemangku kepentingan untuk membangun komitmen yang sama terkait pengelolaan kepala sekolah dan guru. "Kita jadikan momentum rekrutmen 1 juta PPPK sebagai momentum untuk memperkuat bagi pelaksanaan sekolah penggerak ini," kata dia.

 

Saat ini, di lapangan jumlah guru honorer relatif lebih banyak dari guru pegawai negeri sipil (PNS). Oleh karena itu, dia berharap, sekolah penggerak dapat dibarengi dengan proses meningkatkan kesejahteraan guru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement