Rabu 03 Mar 2021 17:06 WIB

'Si Pobo Bermain' Wadahi Kreativitas Anak-Anak di Kota Bogor

Kapolresta Bogor Kota luncurkan program Polisi Sahabat Virtual di Taman Lalu Lintas.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Guna rangka memberi wadah kreativitas pada masa pandemi Covid-19, Polresta Bogor Kota meluncurkan program khusus bagi anak-anak di Kota Bogor. Program bernama 'Si Pobo Bermain' atau program Polisi Sahabat Virtual diluncurkan di Taman Lalu Lintas, tepatnya di SDN Duta Pakuan, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/3).

Dalam peluncuran perdananya, dua personel polisi wanita (polwan) dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota dan seorang anak perempuan memimpin acara yang dihadiri sejumlah anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) di Kota Bogor secara virtual.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, program Si Pobo Bermain merupakan inovasi yang dilakukan untuk memberikan kreativitas agar anak-anak tetap bisa bermain secara edukatif pada masa pandemi Covid-19. Menurut dia, banyak kegiatan seru yang bisa diikuti anak-anak.

"Dengan berbagai kreasi yang ditampilkan, kita buatkan juga channel khusus untuk menunjukan bakat anak-anak, agar tumbuh jadi generasi yang hebat," kata Susatyo di SDN Duta Pakuan, Rabu (3/3).

Menurut dia, Polresta Bogor Kota sengaja berfokus untuk membuat kegiatan itu, dan dikemas secara apik, untuk mengedukasi anak-anak secara virtual. Langkah itu sekaligus memberikan hiburan agar mereka tidak jenuh selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama setahun ini.

"Jangan sampai pandemi mematikan kreativitas. Di sini (Si Pobo Bermain) akan mendapatkan sebuah hiburan, karena mereka jenuh juga setiap hari harus belajar daring, sehingga mereka perlu mendapatkan hiburan," tuturn Susatyo.

Menurut Susatyo, kegiatan itu bakal dijadwalkan secara rutin yang terus digagas oleh tim kreatif  Polresta Bogor Kota. Dengan begitu, ia berharap, anak-anak bisa mendapat hiburan yang sehat dan memuat pendidikan.

Ke depan, sambung dia, petugas tak hanya memberikan edukasi tentang rambu-rambu lalu lintas dan ketertiban di jalan raya, tetapi juga menyiapkan kegiatan menarik lainnya. "Nanti akan ada wali kota mendongeng, pak dandim mendongeng, tokoh untuk mengenal profesi, kita angkat kearifan lokal di Bogor agar tumbuh tidak melalui medsos," ujar Susatyo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah Dwikorawati mengapresiasi program Si Pobo Bermain yang diluncurkan Polresta Bogor Kota. Dia menyebut, kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa yang dijalani setahun ini, cenderung membuat anak-anak menjadi jenuh.

Karean itu, anak-anak kini memiliki alternatif untuk bermain dan belajar di lokasi yang diadakan kepolisian. "Program yang luar biasa, Polisi Sahabat Anak, jadi nanti anak-anak terpancing minat dan bakatnya. Nanti anak-anak lihat polisi itu gagah," kata Syarifah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement