Kamis 20 May 2021 00:23 WIB

Terminal Sukabumi Mulai Operasi, Petugas Pantau Prokes

Pengawasan tersebut dilakukan di kawasan terminal Tipe A dan Tipe C Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Terminal Sukabumi Mulai Operasi, Petugas Pantau Prokes (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Terminal Sukabumi Mulai Operasi, Petugas Pantau Prokes (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Polsek Baros Polres Sukabumi Kota melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan pasca bus antar kota secara resmi kembali beroperasi. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pengawasan tersebut dilakukan di kawasan terminal Tipe A dan Tipe C Sukabumi, Jalan Lingkar Selatan Baros Kota Sukabumi, Rabu (19/5). Kapolsek Baros Kompol Wahyudi didampingi Kepala Terminal serta sejumlah personel lainnya turut mengingatkan para awak bus dan penumpang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kami dari Jajaran Polsek Baros bersama-sama dengan Kepala terminal lakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di kawasan terminal Tipe A dan Tipe C," ujar Kapolsek Baros Kompol Wahyudi kepada wartawan, Rabu. Kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona di lingkungan terminal.

Dari pantauan, pihak terminal telah menyiapkan tes Genose bagi para penumpang yang tidak membawa bukti hasil tes Rapid Antigen. Sehingga calon penumpang bisa mengetahui kondisi kesehatannya ketika akan bepergian ke daerah tujuannya.

"GeNose ini berasal dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) dan kini sudah digunakan di terminal,'' ujar Kepala Terminal KH Ahmad Sanusi, Sukabumi Yukky Rahmat Yunus. Untuk tahap awal alat khusus untuk mendeteksi Covid-19 tersebut baru tersedia satu satu unit.

Akibatnya kata Yukky, penggunaanya hanya dilakukan sistem sampling terhadap 10 orang per hari. Khususnya bagi calon penumpang yang akan berangkat dari Terminal Sukabumi.

Jika nantinya ada calon penumpang yang dinyatakan terkonfirmasi oleh alat itu lanjut Yukky, maka penumpang akan langsung dibawa oleh petugas kesehatan untuk dilakukan swab antigen. Hal ini untuk memastikan hasil dari GeNose tersebut.

Yukky mengatakan, teminal hingga kini terus melakukan sejumlah pengetatan penerapan protokol menjelang lebaran tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement