Kamis 22 Jul 2021 14:39 WIB

Ratusan Warga Binaan Lapas Sukabumi Ikuti Vaksinasi Covid-19

Harapannya semua warga binaan dapat menerima vaksinasi Covid-19.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ratusan Warga Binaan Lapas Sukabumi Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO
Ratusan Warga Binaan Lapas Sukabumi Ikuti Vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi mendapatkan vaksinasi Covid-19, Kamis (22/7). Kegiatan ini untuk membentuk kekebalan komunal di lingkup Lapas dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

''Vaksinasi ini ditujukan bagi sebanyak 481 orang warga binaan di Lapas Sukabumi,'' ujar Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar, Kamis. Kegiatan ini dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas.

Upaya tersebut lanjut Christo, merupakan hasil kolaborasi Lapas dengan Polres Sukabumi Kota dan vaksinator dari Pemkot Sukabumi. Harapannya semua warga binaan dapat menerima vaksinasi Covid-19.

''Alhamdulillah kegiatan ini dalam kerangka percepatan vaksinasi di wilayah Kota Sukabumi sesuai yang diharapkan pemerintah pusat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana Lapas Kelas IIB Sukabumi melaksanakan vaksinasi untuk warga binaan pemasyarakatan jumlahnya sebanyak 481 orang.

 

Momen ini ungkap Fahmi, adalah hasil kolaborasi Lapas Kelas IIB Sukabumi, Polres Sukabumi Kota dan Pemkot Sukabumi. Sehingga targetnya sebanyak 481 warga binaan bisa tervaksinasi secara baik.

Hal ini dapat memperkuat upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menaikkan cakupan vaksinasi bagi warga.

Sebelumnya, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi Masih yang tertinggi di Jabar. Di mana berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC PEN per 16 Juli 2021 menempatkan Kota Sukabumi menempati peringkat ketiga cakupan tertinggi vaksinasi Covid-19 di Jabar.

''Kota Sukabumi masih menempati peringkat ketiga cakupan vaksinasi Covid-19 tertinggi di Jawa Barat,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati. Data dari KPC PEN per 16 Juli 2021 menyebutkan untuk dosis ke satu Kota Sukabumi telah mencapai sebanyak 29.50 persen dan dosis dua sebanyak 11.78 persen.

Sementara posisi pertama cakupan vaksinasi tertinggi masih ditempati Kota Bandung dengan dosis satu sebanyak 34.70 persen dan dosis dua 18.99 persen. Peringkat kedua yaitu Kota Cirebon dosis satu 33.46 persen dan dosis dua 16.78 persen.

Sementara posisi ke empat setelah Kota Sukabumi yakni Kota Banjar untuk dosis satu 29.20 persen dan dosis kedua 11.03 persen. Untuk posisi kelima yakni Kota Bogor dosis satu 26.20 persen dan dosis kedua 14.34 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement