Kamis 19 Aug 2021 15:27 WIB

Ribuan Ibu Hamil di Kota Tangerang Mulai Divaksinasi

Lebih dari 3.000 ibu hamil menjadi target vaksinasi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Ilham Tirta
Vaksinasi ibu hamil (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Vaksinasi ibu hamil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kalangan ibu hamil di Kota Tangerang mulai divakasinasi Covid-19 pada Kamis (19/8). Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 38 puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, target awal jumlah ibu hamil yang divaksin mencapai lebih dari 3.000 jiwa. Yakni ibu hamil dengan usia kehamilan mulai dari 13 hingga 33 pekan. "Target awalnya 3.157 orang untuk se-Kota Tangerang," ujar Arief, Kamis (19/8).

Dimulainya pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil diharapkan menjadi salah satu upaya dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Tangerang. Di samping itu, menjadi ikhtiar bagi kalangan rentan seperti ibu hamil untuk mengantisipasi terpapar virus Covid-19.

Untuk dapat melancarkan vaksinasi di kalangan ibu hamil, Arief menyebut pihaknya akan bekerja sama dengan 33 rumah sakit di Kota Tangerang untuk turut menjadi sentra vaksinasi bagi ibu hamil. Diharapkan cakupan vaksinasi bisa lebih luas, tidak hanya di 38 puskesmas dan RSUD saja.

 

"Tentunya untuk mempercepat proses vaksinasi bagi ibu hamil. Jika dilihat berdasarkan angka kelahiran, terdapat lebih dari 38 ribu bayi yang lahir dalam satu tahun," terangnya.

Lebih lanjut, Arief mengimbau agar ibu hamil di Kota Tangerang mau mengikuti vaksinasi Covid-19, demi mencegah terjadinya kematian ibu hamil serta perburukan kondisi karena terjangkit Covid-19. "Secara nasional angka kematian ibu hamil sebanyak 352 dan di Kota Tangerang ada 5 kematian ibu hamil karena Covid-19," kata dia.

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 13 pekan di Kota Tangerang dilakukan secara online melalui laman vaksinasi tangerangkota.go.id. Para ibu hamil juga bisa memperoleh bantuan untuk pendaftaran dari kader posyandu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement