Senin 23 Aug 2021 16:19 WIB

Ular King Cobra 3 Meter Hampir Masuk Rumah Warga

Ular tersebut awalnya dilihat oleh seorang pengendara mogor yang melintas.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
King Cobra
Foto: AP
King Cobra

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ular berbisa jenis king cobra ditemukan menyelinap masuk ke rumah warga, di Kampung Salabentar, Desa Jampang, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Ular berukuran sekitar tiga meter tersebut ditemukan pada Ahad (22/8) malam.

Salah seorang warga, Supriatna mengatakan, ular tersebut awalnya dilihat oleh seorang pengendara mogor yang melintas.   “Ada motor yang melintas, nah dia liat ularnya itu lagi nyebrang jalan ke rumah warga,” kata Supriatna kepada wartawan, Senin (23/8).

Baca Juga

Setelah melihat ular tersebut, pengendara motor itu seketika langsung memutar arah dan memberi tahu warga sekitar. Kemudian, kata Supriatna, warga langsung mencari keberadaan ular tersebut.

Beruntungnya, ular tersebut hanya berada di luar rumah. Namun, warga tidak berhasil meminta bantuan pemadam kebakaran lantaran sedang melaksanakan tugas lain.

“Untung tigak sampai masuk ke rumah, cuma di luar saja. Saya telpon pemadam katanya lagi evakuasi mobil terperosok gitu di Ciampea. Akhirnya ada warga yang biasa nangkep ular kita panggil,” jelasnya.

Tak lama, ular yang diketahui jenis king kobra dengan panjang sekitar tiga meter itu berhasil ditangkap. Diduga, ular berasal dari area hutan bambu yang berubah menjadi perumahan di sekitar lokasi.

Setelah tertangkap, lanjut dia, ular tersebut segera diserahkan ke pemadam kebakaran. “Ularnya ngumpet di dekat pagar yang lagi dibongkar. Sudah kita serahkan ke Damkar. Mungkin habitatnya terganggu menjadi ke permukiman,” ucapnya.

Terpisah, Komandan Pemadam Kebakaran Sektor Parung, Napi'i membenarkan adanya penyerahan ular king kobra dari warga itu. Saat ini, ular disimpan sementara di rumah salah satu anggotanya dan rencananya akan dibawa ke Mako Damkar Cibinong. “Kita simpan dulu di rumah warga, karena ngeri kalau di sini enggak ada tempat juga dekat rumah warga. Kemungkinan dari ukuran ya king cobra,” ucap Napi'i.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement