Senin 30 Aug 2021 18:36 WIB

53 Prestasi Internasional Diraih Pelajar Indonesia

Sebanyak 53 prestasi internasional mampu disabet mereka hingga pertengahan tahun ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Puspresnas Kemdikbud RI) kembali menyelenggarakan Lomba  Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ke-3, tahun 2021.
Foto: istimewa
Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Puspresnas Kemdikbud RI) kembali menyelenggarakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ke-3, tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peserta didik di bawah binaan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menorehkan prestasi yang membanggakan. Sebanyak 53 prestasi internasional mampu disabet mereka hingga pertengahan tahun ini.

Plt Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, mengatakan, Puspresnas bertugas memastikan pemerintah memberi kesempatan seluas-luasnya bagi kemajuan anak Indonesia. Ia menekankan bahwa pandemi bukan hambatan menorehkan prestasi di berbagai bidang.

"Di tahun 2021 ini saja, tercatat 53 prestasi internasional bidang seni, penelitian, dan sains, berhasil diraih oleh peserta didik terbaik Indonesia di bawah binaan kami," kata Asep dalam keterangan pers, Senin (30/8).

Asep mengatakan, Puspresnas siap menyiapkan talenta-talenta unggul Indonesia melalui berbagai ajang kompetisi yang berjenjang dan bertahap, baik nasional hingga internasional. "Kegiatan Pusat Prestasi Nasional selama ini mampu menyentuh lebih dari kurang lebih 3 juta siswa dan mahasiswa mulai dari tingkat daerah, nasional, hingga dunia," ujar Asep.

Asep mengingatkan siswa di Indonesia agar tak berhenti mengasah diri. Nantinya mereka bisa mengikuti kompetisi yang merupakan katalis untuk mengaktualisasikan kompetensi. Lewat kompetisi dan prestasi itulah siswa dapat mengambil peran lebih luas.

"Kita bangga dan menyaksikan bagaimana semangat itu tidak pernah padam. Kita mendengungkan semangat untuk tidak menyerah, tetap berprestasi dari rumah," ucap Asep.

Puspresnas mendukung peningkatan daya saing SDM unggul untuk talenta nasional. Puspresnas telah memberi beasiswa kepada 300 siswa yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 pada tahun ini.

"Semoga talenta-talenta yang difasilitasi Puspresnas dapat menjadi inspirasi sebayanya juga bangsa Indonesia. Kemudian dapat menjadi pemimpin di bidangnya yang akan menjadi bagian dari penguatan inovasi bangsa," tutur Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement