Selasa 31 Aug 2021 11:54 WIB

Jokowi Minta Semua Disiplin Prokes, Covid-19 Belum Berakhir

Masyarakat diminta untuk tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, beberapa waktu lalu.
Foto: BPJS Kesehatan
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini dinilai sudah membaik meski belum berakhir. Masyarakat diminta untuk tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin dan mengikuti program vaksinasi.

Hal itu disampaikan Presiden RI, Joko Widodo, saat melihat kegiatan vaksinasi door to door di Kampung Pengampaan, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (31/8).

‘’Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semuanya, situasi pandemi Covid-19 hari demi hari semakin membaik, baik untuk BOR-nya maupun kasus hariannya,’’ kata Jokowi di Cirebon, Selasa (31/8).

Meski demikian, Jokowi meminta agar masyarakat tidak lengah karena pandemi belum benar-benar berakhir. Untuk itu, disiplin prokes harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

‘’Saya minta kepada masyarakat, tetap yang namanya protokol kesehatan harus terus dilakukan secara disiplin. Dan agar secepat-cepatnya ikut dalam program vaksinasi pemerintah,’’ tukas Jokowi.

Jokowi menyatakan sedang berada di Kampung Pangampaan yang melakukan vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door). Menurutnya, sistem jemput bola itu dimaksudkan agar pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka vaksinasi bisa dipercepat.

Jokowi pun sangat mengapresiasi kerja keras BIN dalam pelaksanaan vaksinasi door to door itu. Terima kasih pun disampaikannya kepada wali kota Cirebon dan gubernur Jabar yang turut memberikan bantuan penuh dalam program tersebut.

Sementara itu, selain ke Kampung Pengampaan, Jokowi juga mengunjungi SMA Negeri 1 Beber, Kabupaten Cirebon. Di tempat itu, presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para pelajar.

Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kuningan, tepatnya Kampung Tonjong, untuk meninjau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat secara pintu ke pintu.

Selanjutnya, Presiden Jokowi diagendakan menuju Pondok Pesantren Miftahul Falah, untuk meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para santri. Di sana, presiden akan turut menyapa peserta vaksinasi di beberapa pondok pesantren lainnya melalui konferensi video.

Selain meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19, Presiden Jokowi juga akan memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Barat yang rencananya digelar di Pendopo Kabupaten Kuningan. Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Kuningan, presiden akan meresmikan Bendungan Kuningan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement