Jumat 24 Sep 2021 22:20 WIB

Pendaki Hilang Ditemukan 3 Km dari Pos 3 Gunung Guntur

Saat ini Gibran masih harus menjalani perawatan medis.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi pendaki yang hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jumat sore. Pendaki yang dilaporkan hilang itu ditemukan dalam keadaan selamat.
Foto: Dok KSDA Kabupaten Garut.
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi pendaki yang hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jumat sore. Pendaki yang dilaporkan hilang itu ditemukan dalam keadaan selamat.

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, akhirnya ditemukan pada Jumat (24/9) sore. Tim SAR gabungan menemukan Muhammad Gibran Arrasyid (14) setelah dilakukan pencarian selama enam hari. 

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengapresiasi tim SAR gabungan atas ditemukannya Gibran, remaja yang merupakan warga Kabupaten Garut, dalam keadaan selamat. "Saya ucapkan terima kasih kepada semua tim yang sudah mencari. Kota semua bersyukur Gibran ditemukan dalam keadaan selamat," kata dia, saat menjenguk Gibran di Puskesmas Tarogong, Kabupaten Garut, Jumat malam.

Menurut dia, saat ini Gibran masih harus menjalani perawatan medis. Sebab, Gibran masih mengalami dehidrasi. Ia berharap, dalam satu dua hari ini Gibran dapat kembali pulang ke rumahnya.

Atas kejadian itu, Helmi mengimbau agar para pendaki, khususnya yang ingin mendaki Gunung Guntur, untuk senantiasa mematuhi protokol pendakian. "Taati aturan-aturan selama pendakian," ujar dia.

Sebelumnya, tim SAR gabungan menemukan Gibran pada sekitar pukul 17.00 WIB. Gibran ditemukan di Curug Cikoneng, yang jaraknya sekitar 1,5 jam waktu perjalanan atau 3 kilometer dari Pos 3 Gunung Guntur, tempat terakhir Gibran sebelum dilaporkan hilang.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Bandung, Supriono mengatakan, Gibran ditemukan dalam kondisi sehat. "Memang posisinya kurang asupan makanan dan minuman. Dia di sana sedang istirahat," kata dia.

Sebelumnya, Gibran dilaporkan hilang pada Ahad (19/9) setelah melakukan pendakian ke Gunung Guntur bersama 13 temannya pada Sabtu (18/9). Ketika itu, Gibran dilaporkan tetap berada di tenda ketika teman-teman pendakinya menuju puncak Gunung Guntur pada Ahad pagi. Namun, ketika teman-temannya kembali, Gibran sudah tidak ada di tenda.

Lebih dari 100 orang diterjunkan untuk melakukan pencarian di lapangan. Baru pada hari keenam atau Jumat, Gibran ditemukan dalam kondisi selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement