Jumat 01 Oct 2021 17:28 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Alun-Alun Sorong

Alun-alun dibangun dengan dana APBD sekitar Rp  Rp 52 atau Rp 53 miliar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir di Kabupaten Sorong dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua. Kunjungannya di Kabupaten Sorong dalam rangka meresmikan Alun-Alun Kabupaten Sorong yang kini tampil dengan wajah baru, Jumat (1/10).

Kehadiran Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Praratya dan rombongan disambut tari-tarian tradisional Papua dan Jabar yang dibawakan warga Sorong. Peresmian alun-alun juga ditandai dengan pemotongan pita di pintu gerbang alun-alun oleh Ridwan Kamil dan Bupati Sorong, Johny Kamuru serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Sorong dan pihak-pihak terkait lainnya. 

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri sudah diinisiasi sejak 2017 silam. Ridwan Kamil mengaplikasikan ilmu arsitekturnya untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu. 

Ridwan Kamil diminta Bupati Sorong, Johny Kamuru untuk merancang wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sorong saat dirinya menjabat Wali Kota Bandung.  "Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil pun mulai mendesain alun-alun tersebut. Menurutnya, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun merupakan tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul. Bahkan, kata Kang Emil, alun-alun pun dapat menjadi wadah untuk berdemokrasi sekalipun. 

"Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya," katanya. 

Salah satu sisi menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar. Emil mengatakan, hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong. 

"Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur," katanya. 

Bupati Sorong Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-Alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda. "Saya mengucapkan terima kasih banyak, apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak di sini," kata Kamuru. 

"Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa," papar Kamuru. 

Menurut Kamuru, pihaknya meminta bantuan Ridwan Kamil untuk mengubah wajah Kabupaten Sorong, khususnya Distrik Aimas menjadi sebuah kota yang modern sebagai salah satu visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sorong. 

"Saya pikir (Ridwan Kamil) yang terbaik karena memiliki banyak gagasan. Kita lalu berangkat ke Bandung. Beliau sendiri yang gambar (alun-alun) secara keseluruhan," katanya. 

Kamuru mengatakan, revitalisasi sisi utara Alun-Alun Kabupaten Sorong ini telah menghabiskan dana sekitar Rp 22 miliar yang seluruhnya berasal dari APBD Kabupaten Sorong.

"Bagian sisi utara ini dibangun dengan dana APBD sekitar Rp 22 miliar. Total seluruh ini (sisi utara dan selatan) Rp 52 atau Rp 53 miliar," kata Kamuru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement