Selasa 02 Nov 2021 12:00 WIB

Cuaca Ekstrem, Terjadi Lagi Pohon Tumbang di Depok

Pohon yang tumbang di Depok tak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah kendaraan melintasi pohon yang tumbang di Jalan Akses UI, Cimanggis, Depok, Jawa Barat
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah kendaraan melintasi pohon yang tumbang di Jalan Akses UI, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Cuaca ekstrem, hujan disertai angin kencang kembali melanda Kota Depok dalam dua hari ini, pada Ahad (31/10) dan Senin (1/11). Akibatnya, sejumlah pohon di pinggir jalan di beberapa tempat tumbang, diantaranya di Jalan Sanin Bedahan, Jalan Rangkapan Jaya, Jalan Muchtar, Gang Kabel Pitara dan Perapatan Pitara.

Sebanyak 14 personel Satgas.Pohon Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok diterjunkan untuk menangani pohon tumbang di beberapa titik tersebut.

Baca Juga

"Kami terjunkan Satgas Pohon dengan jumlah 14 personel untuk melakukan penanganan. Ada tujuh titik lokasi pohon tumbang berdasarkan laporan masuk,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma.

Menurut Indra, pohon yang tumbang sebagian besar berjenis Mahoni, Rambutan, Timbul, Mangga, dan Jati. "Pohon ini tidak masuk dalam daftar pohon rawan tumbang. Jadi, kejadian ini murni faktor alam," terangnya.

Ia menjelaskan, penanganan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok serta Tanggap Bencana (Tagana). Adapun untuk armada yang dikerahkan berupa dua unit mobil dan satu unit hilux.

"Saat ini sejumlah pohon tumbang tersebut sudah dievakuasi. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon rindang, saat hujan dan selalu waspada dengan kejadian pohon tumbang," tutur Indra.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement